oleh

Serahkan Beasiswa PIP Bagi Pelajar Disabilitas di Tana Toraja, Eva Rataba Titikkan Air Mata

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba menyerahkan bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada siswa Disabilitas di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Tana Toraja di Minanga, Lembang Buntu Tangti, Kecamatan Mengkendek, Senin, 25 Juli 2022.

Dihadapan anak-anak istimewa berkebutuhan khusus, Eva Rataba tak sanggup menahan haru hingga menitikkan air mata.

Eva mengatakan penyerahan beasiswa PIP kepada anak-anak berkebutuhan khusus ini adalah pengalaman pertama dan luar biasa bagi dirinya.

Eva menyebut dibalik anak-anak istimewa ini ada guru istimewa dan orangtua istimewa.

“Program Indonesia Pintar Kemdikbud tidak hanya untuk siswa kurang mampu, tetapi juga siswa disabilitas. Dan puji Tuhan hari ini bisa terwujud,” kata Eva Stevany Rataba.

Baca Juga  Event Toraja Carnaval Bertujuan Membangkitkan Pariwisata

Politisi Partai Nasdem ini menyebut beasiswa PIP ini belum seberapa jika dibandingkan dengan apa yang semestinya mereka harus dapatkan dari negara.

“Dari 11 siswa ini tersebar pada tingkatan pendidikan SD, SMP dan SMA. Saya akan tetap berusaha di tahun berikutnya menambah jumlah penerima bagi siswa difabel,” ungkap Eva Rataba.

Eva berharap, beasiswa yang ada dapat membantu siswa difabel untuk mengembangkan pendidikan ke depannya baik secara pribadi maupun pengembangan pendidikan di Toraja.

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPD Nasdem Tana Toraja, Samuel Eban yang ikut mendampingi Eva Stevany Rataba mengapresiasi langkah Eva Stevany Rataba yang sudah memberikan bantuan terhadap siswa disabilitas di Tana Toraja.

Baca Juga  Sehari, 103 Pasien Covid-19 di Tana Toraja Dilaporkan Sembuh

“Hal ini sebenarnya jarang dilakukan oleh politikus untuk siswa-siswa disabilitas dan lewat Eva Rataba sebagai legislator pusat Partai Nasdem, para siswa difabel di Tana Toraja bisa merasakan bantuan beasiswa ini,” ujarnya.

Eban mengatakan negara harus hadir jangan sampai ada pembiaran yang membuat mereka merasa semakin disisihkan dalam masyarakat dan bangsanya sendiri.

Sementara itu, Kepala SLBN Tana Toraja, Musa Lumalan Manglili juga mengucapkan terima kasih kepada Eva Stevany Rataba dan Partai Nasdem atas beasiswa yang diberikan. Menurutnya, hal ini merupakan kebahagiaan bagi dunia pendidikan siswa difabel, tentunya juga bagi orang tua.

Musa Lumalan dalam kegiatan ini tak lupa menyampaikan aspirasinya tentang kerinduan hadirnya asrama khusus bagi siswa difabel di sekolah luar biasa ini.

Baca Juga  Jadi Tuan Rumah Retret Nasional, Pemuda Katolik Minta Dukungan DPRD Tana Toraja

Musa Lumalan menyebut jika diluar sana masih banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang harusnya menempuh pendidikan di SLBN ini namun karena terkendala jarak dan biaya untuk mengantar anak-anak setiap hari sehingga tidak bisa bersekolah disini.

Salah satu perwakilan orangtua siswa SLBN bernama Ruth Massora juga menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan beasiswa PIP dari Eva Stevany Rataba selaku anggota DPR RI. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar