Putra Toraja Jadi Delegasi Budaya di Tiga Negara, Thailand, Malaysia, dan Singapura

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Seleksi panitia penyelenggara festival expo pesona budaya Indonesia melalui kerjasama KBRI, kembali memberikan kesempatan kepada I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo lagi mengharumkan nama Indonesia di tiga negara yakni Thailand; malaysia; dan singapura dari tanggal 22-29 Februari 2024.

Penyanyi cilik yang masih duduk di bangku sekolah Dasar kelas V  Kalam Kudus yang biasa dipanggil Ben, sukses menampilkan perform lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia menggunakan busana Toraja dan Bali sepanjang ajang acara sebagai delegasi budaya Indonesia.

Dalam festival Melayu Day yang ke sembilan, oleh tiga negara yakni Thailand, Malaysia dan Indonesia di Yala Thailand, tidak hanya menampilkan perform seni vokal, seni tari dan fashion show dari delegasi budaya nusantara, tetapi juga di ikuti oleh peserta UMKM dari berbagai daerah di Indonesa, termasuk dari Sulawesi selatan, dalam percakan singkat orang tua Ben yakni Yohanis Pongmadeng bersama Pongsak Yingchoncharoen

Baca Juga  Bawa 5 Warga Toraja dari Morowali, Minibus Innova Kecelakaan di Luwu Timur

Mayor of Yala City Thailand bahwa fasilitas stand-stand yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara dari pemerintah Thailand, Malaysia dan Indonesia, diharapkan pelaku UMKM Toraja yang kaya dengan pernak-pernik, seni ukir dan seni budaya lainnya serta komoditi sumber alam lainya seperti kopi, ikut mengambil bagian dalam ajang tersebut di waktu yang akan datang.

Tujuan Keikutsertaan delegasi budaya Indonesia dalam ajang tersebut  dengan harapan agar kegiatan ini mampu mewakili Indonesia khususnya dibidang seni budaya  yang  ditampilkan sebagai warisan budaya nusantara, dan juga dapat memberikan edukasi kepada pelaku UMKM, untuk dapat berdaya saing secara sehat dalam berbagai bidang usaha , dan juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisata ke wilayah Indonesia .

Baca Juga  HUT ke-15 Kabupaten Toraja Utara; Dapat Bantuan Rp 8 M, Banyak Kursi Kosong

I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo  bersama delegasi budaya yang lain, dan juga pelaku UMKM mendapat apresiasi yang baik dari KBRI Kuala lumpur, bahkan diharapkan dapat mengisi beberapa acara-acara penting bersama pelita MICE Indonesia.

Dari KBRI yang menjamu mereka diantaranya ada bapak Hendra Purnama Iskandar di bidang urusan ekonomi ; dan bapak Berhan Akla muqtadir di bidang penerangan dan sosial budaya, meskipun mereka banyak tugas namun di selah kesibukannya, mereka menyempatkan waktu untuk menjamu para delegasi budaya dan peserta UMKM tersebut.

Orang tua Ben, yaitu Yohanis pongmadeng M.A.B.S. , M.Th,  bersama  Ni Putu Yenny Susyana., S.E mengharapkan dukungan dari sangtorayan bersama pihak-pihak lain untuk ananda Ben sesuai dengan potensi yang dimilikinya. (*)

Baca Juga  Aniaya Nenek Sendiri, Pemuda Ini Ditangkap Polisi

Penulis/Editor: Desianti

Komentar