6 Bacalon Kembalikan Formulir di Partai Nasdem, Pilkada Toraja Utara Makin Kompetitif

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Beberapa partai politik yang memiliki kursi di DPRD Toraja Utara sudah menutup pendaftaran Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati, Selasa, 7 Mei 2024.

Salah satu partai politik yang sudah menutup pendaftaran, yakni Partai Nasdem.

Menurut Sekretaris DPD Partai Nasdem Toraja Utara, Samuel Kambuno, hingga pukul 23.59 Wita, Selasa, 7 Mei 2024, hanya 6 dari 7 bakal calon Bupati maupun Wakil Bupati Toraja Utara yang mengembalikan formulir pendaftaran.

“Ada 7 orang yang mengambil formulir, tapi hanya enam orang yang mengembalikannya hingga hari terakhir penutupan,” terang Kambuno, Rabu, 8 Mei 2024.

Salah satu bakal calon yang tidak mengembalikan formulir pendaftaran adalah Novianus Patanduk.

Dari 6 orang itu, 5 diantaranya mendaftar sebagai bakal calon Bupati, sedangkan satu orang lainnya mendaftar sebagai bakal calon Wakil Bupati.

Kelima orang yang mendaftar sebagai bakal calon Bupati, yakni Yohanis Bassang (incumbent Bupati), Frederik Victor Palimbong (incumbent Wakil Bupati), Dating Palembangan, Yusuf Silambi, dan Joni Kornelius Tondok.

Baca Juga  2 Kali Ditertibkan, Tambang Ilegal di Toraja Utara Terus Beroperasi, Pemkab Tak Berdaya?

Sedangkan satu orang yang mendaftar sebagai bakal calon Wakil Bupati adalah Nober Rante Siama’. Politisi yang akrab disapa NRS ini merupakan kader Partai Nasdem, yang saat ini menduduki posisi Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara.

Kambuno menjelaskan, hari ini, DPD Partai Nasdem akan menggelar pleno untuk menampung dan melihat catatan-catatan dari para pendaftar. Selanjutnya, nama-nama bakal calon ini akan diteruskan ke DPW Partai Nasdem Sulsel.

“Di DPW juga akan diplenokan kembali dari tanggal 13-15 Mei 2024 untuk semua Kabupaten/Kota se Sulsel,” jelas Kambuno.

Setelah pleno di DPW, nama-nama bakal calon itu akan dikirim ke DPP Partai Nasdem. “Kemudian, antara bulan Juni hingga Juli, DPP Partai Nasdem akan melakukan survey popularitas dan elektabilitas dengan melibatkan 9 lembaga survey,” urai Kambuno.

Baca Juga  Viral, Penggerebekan Judi Sabung Ayam di Toraja Utara Libatkan Brimob

“Yang menentukan siapa yang akan diusung di Pilkada merupakan kewenangan DPP. Tentu dengan mendengar pertimbangan, saran, dan masukan dari DPD,” kata Kambuno lebih lanjut.

Kecil Kemungkinan Calon Tunggal?

Melihat dinamika politik yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir, Pilkada Toraja Utara tahun 2024 makin menarik untuk diikuti. Dengan banyaknya bakal calon yang mendaftar di partai-partai politik yang ada, kemungkinan untuk calon tunggal cukup tipis.

Sebelumnya, Tim Pemenangan bakal calon Yohanis Bassang, Yafet Bontong berharap calon yang diusungnya bisa menjadi calon tunggal di Pilkada Toraja Utara.

Namun kenyataanya, cukup banyak bakal calon yang terlihat serius menghadapi Pilkada Toraja Utara.

Karena, selain di Partai Nasdem, 5 bakal calon yang disebut di atas juga mendaftar pada sejumlah partai politik lain, kecuali Partai Golkar dan Gerindra. Para bakal calon ini juga mendaftar di PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Perindo, PSI, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca Juga  Wabup Toraja Utara Narasumber Gerakan Cinta Alkitab di Klasis Denpiku

Partai Golkar yang memiliki 7 kursi di DPRD Toraja Utara memang bisa mengusung pasangan calon sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain. Demikian pula Partai Gerindra yang memiliki 6 kursi.

Untuk diketahui, Ketua DPD II Partai Golkar Toraja Utara adalah Yohanis Bassang, bakal calon Bupati, yang juga Bupati Toraja Utara incumbent. Sedangkan Partai Gerindra dipimpin oleh Frederik Victor Palimbong, salah satu bakal calon Bupati yang juga Wakil Bupati Toraja Utara incumbent. (*)

Penulis: AP Lino
Editor: Arthur

Komentar