oleh

Jaga Ketersedian Ballo’, PMTI Tanan Ribuan Pohon Enau di Tana Toraja dan Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Peringati Hari Bumi Sedunia 22 April di Tana Toraja dan Toraja Utara diisi dengan penanaman ribuan pohon enau (induk) dan bambu oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI).

Kegiatan yang menjadi rangkaian acara HUT PMTI ke-18 ini dipusatkan di Kawasan Mapongka Kelurahan Rante Kalua’, Kecamatan Mengkendek untuk Tana Toraja. Sedangkan untuk Toraja Utara dipusatkan di tiga titik, yakni Lembang Sereale Kecamatan Tikala, Lembang Tadongkon Kecamatan Kesu’, dan Objek Wisata Hutan Bambu To’kumila’ Kecamatan Sesean Suloara’.

Pemilihan dua jenis pohon yakni Enau dan Bambu karena kedua kedua pohon ini memiliki nilai manfaat tersendiri untuk masyarakat Toraja.

Pohon Enau dikenal sebagai pohon penghasil Ballo’ yang merupakan minuman tradisional masyarakat Toraja. Sedangkan Bambu adalah jenis tanaman yang tidak lepas dari kegiatan adat dan budaya masyarakat Toraja.

Baca Juga  Pemkab Toraja Utara Berencana Menghentikan Sementara Kegiatan Rambu Solo’ dan Rambu Tuka

Ketua Umum PMTI, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa saat melakukan penanaman pohon enau di Lembang Sereale Kecamatan Tikala mengatakan bahwa PMTI sengaja memilih pohon Enau agar bisa menambah pendapatan keluarga dan pendapatan daerah jika dirawat dan dikelola dengan baik.

Selain untuk tujuan ekonomi dan budaya tersebut, tentunya penanaman pohon bertujuan untuk menjaga keseimbangan oksigen serta mengurangi potensi bencana alam.

Selain membagikan pohon kepada masyarakat, Ketum PMTI juga memberikan biaya perawatan dan pemeliharaan selama 3 bulan untuk masyarakat demi memastikan pohon yang ditanam tumbuh dengan baik.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong yang ikut dalam penanaman pohon di Lembang Sereale mengapresiasi ide dan gagasan PMTI tersebut.

Baca Juga  Harun Rante Lembang Resmi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara

Frederik Victor Palimbong menyebut pohon Enau tidak hanya untuk penghijauan tapi juga bisa menggerakkan ekonomi. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya