Akademisi UKI Toraja Dipercayakan Susun Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja akan membangun kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam bidang kebudayaan dan pariwisata.

Akademisi dari UKI Toraja diberikan kepercayaan oleh Pemda Toraja Utara untuk menyusun Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD)Kabupaten Toraja Utara.

PPKD Kabupaten Toraja Utara ini nantinya akan menjadi patron atau pedoman pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam menyusun program pengembangan Pariwisata, Kebudayaan, dan Peraturan Daerah (Perda) Toraja Utara.

Kerjasama ini terbangun ketika kedua belah pihak menggelar pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Rektorat UKI Toraja, Makale, Rabu, 5 Juni 2024.

Rektor UKI Toraja, Prof. Dr. Oktavianus Pasoloran, S.E., M.Si., Ak. CA mengatakan PPKD ini nantinya akan disusun oleh akademisi dari UKI Toraja berkolaborasi kolaborasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, agama,  adat, dan pemerintah.

Baca Juga  Dampak Pemberlakuan Syarat Tes PCR, Penumpang Bandara Toraja Turun Drastis

“Akademisi UKI Toraja yang tergabung dalam Tim penyusun PPKD nantinya akan melakukan penelitian terkait kebudayaan dan disusun dalam bentuk buku,” terang Prof. Oktavianus Pasoloran.

Sementara itu, Ketua Tim Penyusun PPKD dari UKI Toraja,  Pdt. Dr. Johana Ruadjanna Tangirerung, M.Th, mengatakan program ini akan mulai jalan bulan ini dan jika tidak ada halangan sudah selesai Agustus 2024.

Adapun pihak yang hadir dalam pertemuan membahas PPKD ini, diantaranya Rektor UKI Toraja Prof. Dr. Okatavianus Pasoloran, Wakil Rektor 1 Enos Lolang, S.Si., M.Pd, Sekretaris Prof. Dr. Anastasia Baan, Wakil Rektor 4 Pdt. Hans Lura, M.Si., dan Kepala Bagian Kerjasama Dr. Roni La’biran, M.Pd., Kepala Pusat Kajian keTorajaan UKI Toraja Drs. Herman Kandari’, M.Pd.

Baca Juga  BERITA FOTO: Lihatlah, Tari Pa’gellu Tua Diperlombakan di Papua Pegunungan

Sementara dari pihak Pemda Toraja Utara diwakili oleh Janita Arung, Salam Taunbaru, Berty Pulung, Mada Pilla  Pakonglean. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar