Perantau Toraja yang Ditembak KKB di Ilaga, Papua, Meninggal Dunia

KAREBA-TORAJA.COM, PUNCAK — Warga sipil asal Toraja yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kios Yesey Mersey, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Selasa, 9 April 2024, menghembuskan nafas terakhir di RSUD Ilaga.

Warga sipil yang merupakan perantau asal Toraja Utara, bernama Yohanis Padallingan, akrab disapa Pampang itu meninggal dunia beberapa jam usai ditembak. Sempat menjalani perawatan intensif dan ada rencana mau dievakuasi ke Timika, namun nyawa pemuda asal Sa’dan Matallo, Toraja Utara ini tidak bisa diselematkan.

“Iya, meninggal kasian itu Adikku Pampang. Barusan tadi ini,” tutur Roni Bulo, tokoh pemuda Toraja di Jayapura, yang juga salah satu kerabat almarhum.

Jenazah Yohanis Padallingan kemudian disemayamkan di rumah duka, Jalan Jesemerse, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak. Dan pada Rabu, 10 April 2024 diterbangkan ke Timika.

Baca Juga  9 Lembang di Toraja Masuk Daftar 500 Besar Anugerah Desa Wisata 2023

“Jenazah sudah tiba di Timika, untuk selanjutnya persiapan mau diberangkatkan ke Makassar, lalu ke Toraja Utara,” tutur Roni Bulo, Rabu, 10 April 2024.

Menurut Roni, saat ini, jenazah disemayamkan di rumah salah satu kerabat di Jalan Baru, Lorong Kalimutu, Mimika.

“Rencana besok ke kampung, tapi transit Jayapura, Jakarta, baru Makassar, karena tidak ada penerbangan langsung. Jenazah akan dibawa ke Sa’dan Matallo, Kecamatan Sa’dan, Toraja Utara, ” kata Roni.

Ditembak Saat Sedang Jaga Kios

Sebelumnya diberitakan, dua warga sipil ditembak KKB di kios Jembatan, Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Selasa, 9 April 2024 pagi. Kedua warga sipil itu, yakni Nortinus Tabuni, warga Ilaga, Papua dan Yohanis Padallingan, perantau asal Sa’dan, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Baca Juga  Bhayangkara FC Raih Juara 1 Pada Kejuaraan Sepak Bola Sumpah Pemuda 2023

Notinus dan Yohanis ditembak saat berada di kios. Yohanis menjual, sedangkan Notinus hendak membeli sesuatu di kios tersebut.

Akibat penembakan tersebut, Yohanis mengalami luka tembak pada bagian kepala sebelah kanan dan saat ini dalam kondisi kritis di RSUD Ilaga. Sementara, satu warga asli Papua bernama Nortinus, mengalami luka akibat rekoset peluru pada pinggang sebelah kiri dan kondisinya stabil setelah mendapatkan perawatan medis di RSUD Ilaga. (*)

Penulis: Desianti/Int
Editor: Arthur

Komentar