Desember, Turnamen Taekwondo Skala Nasional Digelar di Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Turnamen Taekwondo berskala nasional akan digelar di Makale, Tana Toraja, awal Desember mendatang. Event yang menjadi bagian dari Lovely December 2022 itu ditargetkan diikuti lebih dari 1500 atlet dari seluruh Indonesia.

Kejuaraan skala nasional ini diberi tajuk Passemba’ Toraya Mala’bi Championship (PTMC). Ada dua kategori pertandingan, yakni kategori poomsae dan kategori kyorugi.

Sedangkan untuk kelompok usia dibagi menjadi empat kelompok, yakni Prakadet (6-11 tahun), Kadet (12-15 tahun), Junior, dan Senior.

Lokasi pertandingan dipusatkan di Gedung Tammuan Mali’ Makale.

Awalnya, turnamen yang sudah direstui oleh Pengurus Taekwondo Indonesia itu, dijadwalkan berlangsung tanggal 6-10 Desember 2022. Namun karena banyak permintaan akan penyesuaian dengan jadwal ujian anak sekolah, sehingga panitia masih mengkalkulasi ulang jadwalnya.

Baca Juga  Guru Besar Theologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Berbagi Ilmu dengan Ratusan Pengantar Kevikepan Toraja

“Ya memang semula direncanakan tanggal 6-10 Desember. Tapi karena Sebagian besar atlet Taekwondo adalah siswa sekolah sehingga kami menjadwalkan ulang waktu pelaksanaannya sambil berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan,” terang Ketua Panitia PTMC 2022, John Rende Mangontan dalam keterangan pers, Sabtu, 12 November 2022.

“Kami akan sampaikan jadwal secepatnya kepada teman-teman wartawan, begitu memperoleh kepastian dari Dinas Pendidikan,” katanya lebih lanjut.

JRM, sapaan akrab John Rende Mangontan, menjelaskan panitian menargetkan sedikitnya 1.500 atlet dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti turnamen ini. Namun melihat antusiasme peserta dalam beberapa hari terakhir yang sudah mengkonfirmasi kehadiran, panitia optimis pesertanya akan melebihi target.

Diantara peserta yang sudah konfirmasi untuk ikut turnamen berasal dari Jawa Barat, NTB, Sulawesi Barat, Ambon, dan Kalimantan.

Baca Juga  PCPS GMKI Tana Toraja dan Toraja Utara Resmi Dilantik, Theofilus Allorerung dan Kalatiku Paembonan Jadi Penasehat

Kehadiran ribuan atlet, official, keluarga atlet itu, lanjut JRM, akan berdampak besar terhadap tingkat kunjungan wisatawan ke Tana Toraja dan Toraja Utara. Itu sebabnya, panitia juga sudah menyediakan paket-paket wisata untuk para atlet dan keluarganya.

“Estimasi kita, sekitar 5000 orang akan berkunjung ke Toraja karena adanya turnamen ini. Anda bisa bayangkan bagaimana efek ekonominya terhadap usaha-usaha kecil yang ada di daerah ini,” tutup JRM. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar