oleh

Lembaga Anti Korupsi Indonesia Kini Hadir di Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Organisasi non pemerintah Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) kini hadir di Toraja. Hal ini ditandai dengan pelantikan pengurus daerah LAKI Toraja Utara, yang berlangsung di RM Ayam Penyet Rantepao, Rabu, 3 Maret 2021.

Adapun Pengurus DPC LAKI Toraja Utara yang dilantik, diantaranya Pdt. Dani R. Saud., M.Th sebagai Ketua, Hilkia Putra N, M.Th Sekretaris dan Pdt. Steven Sinaulan. S.Th. M.Pdk, sebagai Bendahara.

Mereka dilantik oleh Koordinator  LAKI Wilayah Sulawesi dan Gorontalo, Fareast Hiro Rombot, M.Th.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Jefri K. Makapedua dan unsur Muspida Toraja Utara lainnya.

Dalam sambutannya, Kajari Tana Toraja Jefri K. Makapedua, mengatakan bahwa secara pribadi dirinya sangat berterima kasih kepada pengurus LAKI telah melantik pengurus DPC Toraja Utara.

Baca Juga  Crisis Centre Gereja Toraja Bantu Korban Angin Kencang di Buntu Pepasan

“Sebab dengan adanya Lembaga Anti Korupsi Indonesia Toraja Utara, maka pekerjaan saya akan lebih ringan lagi untuk memantau pengguaan anggaran, baik itu di pemerintahan kabupaten, dinas dinas, lembang, dan sekolah sekolah. Intinya saya merasa diringankan,” ungkap Jefri.

Kepala Inspektorat Kabupaten Toraja Utara juga mengatakan bahwa Inspektorat juga merasa terbantukan untuk melakukan pengawasan, baik itu dana desa, DAK, dan atau dana BOS.

Koordinator  LAKI Wilayah Sulawesi dan Gorontalo, Fareast Hiro Rombot, M.Th, mengatakan kehadiran LAKI tidak untuk menakut-nakuti, baik pejabat dan Kepala Desa ataupun Kepala Lembang, tetapi lebih kepada pengawasan  ataupun pendampingan sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga LAKI.

Hal senada juga disampaikan oleh pengurus pusat DPP yang hadir dalam acara       tersebut, yakni AKBP Purnawirawan Archelaus Limpong. Dia menyatakan bahwa LAKI hadir untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran agar tepat sasaran.

Baca Juga  Prof. Kathleen Admas dan Keiko Kusakabe Bantu APD Covid-19 untuk Tenaga Medis di Toraja

Ketua DPC LAKI Toraja Utara, Pdt. Dani R. Saud menyebut dari apa yang menjadi tugas LAKI Toraja Utara adalah mengawasi penggunaan anggaran, baik itu Kabupaten, Lembang, dan Sekolah agar dana tersebut dapat tepat sasaran penggunaannya dan pembangunan kita bisa lebih baik lagi. (*)

Penulis: Yunus Lexi
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya