oleh

Kementerian Sosial Bantu Korban Bencana Alam di Rano dan Gandangbatu Sillanan

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan pengungsi bencana tanah longsor di dua kecamatan di Kabupaten Tana Toraja, yakni Kecamatan Rano dan Kecamatan Gandangbatu Sillanan.

Kemensos akan mendirikan 3 unit WC portable dan menyiapkan 1 ton telur serta 2 setengah ton beras untuk kebutuhan Posko pengungsi di dua kecamatan di Tana Toraja, yakni Posko Rano Tengah Kecamatan Rano dan Posko Kaduaja Kecamatan Gandangbatu Sillanan.

Selain mendirikan WC Portable, Kemensos juga mendirikan tenda pengungsian dan dapur umum.

Kasubdit Penanganan Korban Bencana Alam Kementeria Sosial RI, Muhammad Delmi yang dikonfirmasi di Gudang Kemensos di Gedung Peternakan, Selasa, 22 Februari 2022 mengatakan berdasarkan asesment di lapangan salah satu kebutuhan mendesak selain tenda pengusian dan dapur umum adalah kebutuhan WC sehingga diputuskan untuk mendirikan WC portable.

Baca Juga  Lagi, FORMAT Desak Kejati Sulsel Tuntaskan Kasus-kasus Dugaan Korupsi di Toraja

Muhammad Delmi mengatakan ada 5 WC portable yang dikirim ke Tana Toraja namun hanya 3 yang akan dibangun di Rano, 2 unitnya akan disimpan untuk kesiapsiagaan.

Tim dari Kementerian Sosial RI meninjau langsung bencana alam tanah bergerak dan longsor di Rano Tengah, Tana Toraja. (AP/Kareba Toraja).

Selain WC portable, Kemensos juga menyiapkan 1 ton telur dan 2 setengah ton beras untuk kebutuhan dapur umum di dua posko yakni Posko Rano Tengah dan Kaduaja.

Selain 3 item bantuan di atas, Kemensos juga mengirim 12 item bantuan kesiapsiagaan untuk Tana Toraja, bantuan tersebut selain untuk kebutuhan bencana alam yang sudah terjadi saat ini, juga untuk siap siaga (buffer stock) jika terjadi bencana alam dimana mendatang.

Baca Juga  Pemprov Sulsel Beri Bantuan Rp 20 Miliar untuk Pengembangan Objek Wisata Ollon

12 item bantuan Kemensos untuk buffer stock diantaranya Tenda Gulung sebanyak 500 lembar, Selimut 300 lembar, Kasur 250 lembar, Tenda keluarga 10 unit, Makanan Siap saji 1200 Paket, Matras : 500 lembar, Pampers bayi 300 paket, Pembalut wanita 500 paket, Family kit 300 paket, Food ware 300 paket, Peralatan dapur Kel 200 paket, Tenda serbaguna Kel 5 unit.

12 item Buffer stock untuk siap siaga bencana alam di Toraja  tersebut senilai Rp 920 juta.

Buffer stok bantuan tanggap darurat di Kabupaten Tana Toraja dari Kementerian Sosial senilai Rp 920 juta. (AP/Kareba Toraja).

Selain Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi Sulsel juga sudah diperintahkan oleh Plt Gubernur Sulsel untuk turun langsung melihat dan melakukan langkah-langkah solusi atas bencana alam yang terjadi di dua titik di Tana Toraja. (*)

Baca Juga  Dinkes Tana Toraja Tidak Keluarkan Surat Keterangan “Vaksin Kosong” untuk Pelaku Perjalanan

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya