oleh

Jelang Musim Kemarau, Polres Tana Toraja Laksanakan Apel Penggelaran Peralatan SAR

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Menghadapi pergantian musim kemarau tahun 2021, Kepolisian Resor Tana Toraja menggelar Apel Penggelaran Peralatan SAR, Jumat, 12 Maret 2021.

Kegiatan ini bertujuan mengecek persiapan peralatan maupun personil dalam mengantisipasi bencana alam serta kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau.

Apel Apel Penggelaran Peralatan SAR ini dipimpin Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu dan berlangsung di Plaza Kolam Makale, Tana Toraja.

Apel penggelaran ini menghadirkan kesiapan peralatan SAR, yang terdiri dari personil Sat Sabhara Polres Tana Toraja, Manggala Agni Kementrian Lingkungan dan Kehutanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Sejumlah peralatan SAR tergelar, mulai dari Randis Pendukung mobilisasi milik Manggala Agni, BPBD, Watercannon Polri, Mobil Damkar, Ambulance dan kendaraan taktis lainnya, hingga peralatan operasional perorangan.

Baca Juga  Jasad Lelaki Berusia 46 Tahun Ditemukan di Kurra, Tana Toraja

Pemeriksaan kesiapan peralatan SAR dilakukan oleh Kabag Dal Ops Biro Ops Polda Sulsel AKBP Ade Rahmat bersama Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu.

Kedua Perwira Menengah Polri ini memeriksa kesiapan Peralatan SAR, beserta personil yang akan di turunkan untuk menangani jika terjadi bencana alam serta kebakaran hutan dan lahan.

Perlu diketahui, Sepanjang tahun 2020 yang lalu, tercatat sejumlah kejadian bencana alam berupa tanah longsor menimpa masyarakat Tana Toraja. Data yang diperoleh dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, selama tahun 2020 terjadi 41 bencana alam.

Sehubungan dengan kesiapan penanggulangan bencana, Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu, mengatakan bahwa melalui penggelaran Peralatan SAR ini dapat diketahui jumlah perkuatan dan kemampuan yang di miliki untuk menangani setiap kejadian bencana alam maupun kebakaran hutan serta lahan.

Baca Juga  BMKG Pongtiku Prediksi Toraja Masih Diguyur Hujan Hingga September

“Kita harus bersiap menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam maupun Karhutla di wilayah yang menjadi tanggung jawab kita. Melalui apel penggelaran ini, kita bisa mengetahui jumlah perkuatan peralatan SAR dan perkuatan personil yang kita miliki, yang siap kita gerakkan sewaktu-waktu,” terang AKBP Sarly Sollu. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya