oleh

GTPP Umumkan 7 Kasus Baru Positif Covid-19 di Toraja Utara, Total Jadi 86 Orang

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara kembali mengumumkan penambahan 7 kasus baru konfirmasi positif Covid-19, Senin, 7 Desember 2020.

Dengan bertambahnya tujuh kasus baru itu, jumlah warga Toraja Utara yang dinyatakan positif terpapar virus Corona menjadi 86 orang. Status zona hijau pun mulai dipertanyakan.

Tujuh kasus baru itu dicatat dengan nomor kasus masing-masing K80, K81, K82, K83, K84, K85, dan K86.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anuegrah Yaya Rundupadang, mengatakan ketujuh warga terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji sampel swab PCR/TCM RSUD Lakipadada, Tana Toraja.

Dia merinci, ketujuh pasien baru itu, diantaranya Pasien 80, seorang perempuan berusian 43 tahun, berdomisili di Lembang Rinding Batu, Kecamatan Kesu’. Pasien ini terkonfirmasi positif dengan tanpa gejala (asimptomatik). Hasil contact tracing, pasien ini memiliki kontak erat dengan pasien kasus konfirmasi K63.

Baca Juga  Rumah Warga Ludes Terbakar di Pesondongan, Sa’dan, Toraja Utara

Berikut, Pasien 81, seorang perempuan berusia 19 tahun, tinggal di Lembang Rinding Batu, Kecamatan Kesu’. Pasien ini terkonfirmasi positif dengan tanpa gejala (asimptomatik). Hasil contact tracing pasien merupakan kontak erat dengan Kasus Konfirmasi K63.

Pasien Kasus 82 adalah seorang perempuan berusia 14 tahun, tinggal di Lembang Rinding Batu, Kecamatan Kesu’. Konfirmasi positif dengan tanpa Gejala (asimptomatik). Hasil contact tracing pasien merupakan kontak erat dengan Kasus Konfirmasi K63.

Pasien Kasus 83, seorang perempuan berusia 33 tahun, tinggal di Pemanikan, Lembang Limbbong, Kecamatan Rantepao. Konfirmasi positif dengan tanpa gejala (asimptomatik). Hasil contact tracing pasien merupakan kontak erat dengan Kasus Konfirmasi K74.

Pasien Kasus 84 adalah seorang perempuan berumur 24 tahun, tinggal di Jalan Poros Sa’dan, Kecamatan Tallunglipu. Konfirmasi positif dengan tanpa gejala (asimptomatik). Hasil contact tracing pasien merupakan kontak erat dengan Kasus Konfirmasi K65.

Baca Juga  TERKINI: Dua Lagi Warga Toraja Utara Meninggal Dunia karena Covid-19

Pasien Kasus 85 adalah seorang laki-laki berusia 52 tahun, tinggal di Darra’, Kelurahan Tagari Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu. Konfirmasi positif dengan tanpa gejala (asimptomatik). Hasil contact tracing pasien pernah kontak erat dengan Kasus Konfirmasi K65.

Kemudian, Pasien Kasus 86 merupakan seorang laki-laki berusia 16 tahun, tinggal di Darra’, Kelurahan Tagari Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu. Konfirmasi positif dengan tanpa gejala (asimptomatik). Hasil contact tracing pasien adalah kontak erat dengan Kasus Konfirmasi K65.

“Penelusuran dan pelacakan kemungkinan adanya Kontak Erat lain ketujuh pasien saat ini lebih lanjut tetap dilakukan oleh GTPP Covid-19 Pemkab Toraja Utara dan tetap memantau perkembangan kondisi pasien sesuai dengan protap penanganan Covid-19,” kata Yaya.

Yaya mengatakan, pasien konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh per tanggal 7 Desember juga bertambah sebanyak tiga orang.

Baca Juga  2 Rumah dan 5 Lumbung Milik Warga Ludes Terbakar di Balusu

Dengan adanya penambahan kasus konfirmasi baru per tanggal 7 Desember 2020 yang diikuti dengan bertambahnya jumlah pasien sembuh, keseluruhan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara kini berjumlah 86 orang dengan rincian sembuh 51 orang, dirawat 8 orang, isolasi 22 orang, dan meninggal dunia 5 orang.

“Pemerintah Kabupaten Toraja Utara tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan disiplin melakukan perilaku 3 M, yaitu : Rajin Mencuci, Menggunakan Masker tiga lapis dengan Benar saat beraktivitas di luar rumah dan senantiasa menjaga jarak minimal satu setengah meter saat berinteraksi sosial di luar rumah. Bersama kita bangkit dan produktif dengan menerapkan Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” pungkas Yaya. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya