Setelah Ombas, Bro Dedy Juga Mendaftar di Partai Demokrat Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara (incumbent), Yohanis Bassang dan Frederik Victor Palimbong kelihatan mulai pecah kongsi menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Toraja Utara, November 2024 mendatang.

Dugaan ini merujuk pada aktivitas politik keduanya pada beberapa pekan terakhir ini. Sebagai Ketua Partai, keduanya terlihat berjalan di arah yang berbeda dalam menggalang koalisi menuju Pilkada.

Diketahui, Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas adalah Ketua DPD II Partai Golkar Toraja Utara, yang memiliki 7 kursi di DPRD Toraja Utara hasil Pemilu Legislatif tahun 2024. Sedangkan Frederik Victor Palimbong yang akrab disapa Bro Dedy, merupakan mantan Ketua DPD II Partai Golkar Toraja Utara. Setelah Golkar diambil oleh Ombas, Bro Dedy banting setir ke Partai Gerindra. Dia menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Toraja Utara yang berhasil meraih 6 kursi DPRD pada Pemilu yang lalu.

Baca Juga  VIRAL: Kerbau Lepas di Jalan Raya, Seruduk Kendaraan hingga Masuk Warung

Dari sisi jumlah kursi di DPRD, baik Ombas maupun Bro Dedy bisa diusung oleh partainya masing-masing di Pilkada tanpa berkoalisi dengan partai politik lain. Tetapi, fakta politiknya, kedua orang ini lagi rajin-rajinnya mengunjungi partai politik lain untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati dan melakukan loby-loby untuk koalisi.

Terkini, pada Selasa, 30 April 2024, Bro Dedy dengan beberapa pengurus Partai Gerindra berkunjung ke markas Partai Demokrat di Karassik, Rantepao. Ketua DPC Partai Demokrat Toraja Utara, Marthen Rante Tondok menyebut kedatangan Bro Dedy dan rombongan adalah untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati di partai berlambang segitiga mercy tersebut.

Sehari sebelumnya, Yohanis Bassang alias Ombas, melalui Tim Pemenangannya, juga berkunjung ke Partai Demokrat. Salah satu Tim Pemenangan Ombas, Yafet Bontong, menyatakan bahwa kedatangan mereka ke Partai Demokrat adalah untuk mengambil formulir pendaftaran atas nama bakal calon Bupati, Yohanis Bassang.

Baca Juga  Dirumahkan Sejak Januari 2023, Tenaga Honorer Tana Toraja Adukan Nasib Mereka ke DPRD

Selain di Partai Demokrat, Ombas dan Bro Dedy juga sudah mendaftar sebagai bakal calon Bupati di Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDI Perjuangan, dan Partai Perindo.

Bedanya, saat mendatangi sekretariat partai-partai politik tersebut, Bro Dedy selalu datang sendiri bersama beberapa pengurus Partai Gerindra. Sedangkan Ombas hanya diwakili oleh Tim Pemenangannya. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar