oleh

Elia Toding Bua, Lolos Seleksi Guru Penggerak

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) merupakan program unggulan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang sudah memasuki angkatan ke 8, 9, dan 10. PPGP adalah program yang bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pembelajar untuk menjawab perkembangan zaman saat ini yaitu merdeka belajar.

Baru-baru ini, Kemendikbudristek, melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan merilis hasil seleksi Fasilitator tahap 2 setelah melalui seleksi penulisan esei dan wawancara. Satu-satunya putera terbaik Toraja, Sir Elia Toding Bua, S. Pd., M. Pd., dinyatakan lulus seleksi dan berhak mengikuti pembekalan dari tanggal 6-19 September 2022 melalui mode daring.

Sir Elia merupakan guru SMP Negeri 1 Rantepao yang namanya tidak asing lagi baik di tingkat nasional bahkan tingkat internasional. Sejumlah prestasi telah disabet di antaranya: Duta Indonesia yang mengajar di Sekolah Indonesia Davao Filipina 2015-2018; Finalis Tutor Berprestasi tingkat Nasional tahun 2019; Guru SMP Inspiratif tingkat nasional tahun 2020; Agen Penguatan Karakter Puspeka KEMENDIKBUDRISTEK tahun 2021 hingga sekarang; dan sejumlah prestasi yang di raih ketika mengabdi di Kita Tomohon Provinsi Sulawesi Utara seperti finalis INOBEL, Guru Berprestasi, Instruktur Bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Baca Juga  Dua Pesawat Terbang Bolak-Balik di Langit Toraja Utara dalam 2 Hari Ini, Ada Apa?

Sir Elia merupakan lulusan CUM LAUDE Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Manado dan pernah menjadi Juara 1 Mahasiswa Berprestasi tahun 2005. Tahun 2015, sir Elia menyelesaikan Program Pascasarjana di Universitas Negeri Malang dengan predikat MAGNA CUM LAUDE.

Sir Elia juga aktif di kegiatan kemasyarakatan dan mempromosikan pariwisata dan budaya dengan mendirikan Yayasan Gentleman of Indonesia. Selain itu, sir Elia mempunyai talenta sebagai Master of Ceremony di berbagai event seperti: MC protokol pemerintahan, MC pernikahan, MC pageant dan sebagai narasumber di berbagai event: Implementasi Kurikulum Merdeka, Public Speaking dan lain sebagainya. Saat ini sir Elia sudah mengabdi di bawah naungan Dinas Pendidikan  Kabupaten Toraja Utara.

Baca Juga  Balai Latihan Kerja (BLK) Pertama di Toraja Dibuka di UKI Toraja

“I won’t stop because I am tired, but I will stop if I am done” merupakan motto hidupnya.

Nama Lengkap: Elia Toding Bua, S. Pd., M. Pd.
Nama Panggilan: Eli
Tempat, tanggal lahir: Mariri, 28 April 1984

Riwayat Pendidikan:
SD Inpres 229 Tombang Galungan
SMP Negeri 2 Rantepao
SMA Negeri 1 Rantepao
S-1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Manado
S-2 Pendidikan  Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang

Riwayat Pekerjaan:

Presenter News TV 5 Dimensi
Guru SD Negeri 2 Tomohon Sulawesi Utara
Dosen Akademi Keperawatan Gunung Maria Tomohon Sulawesi Utara
Guru SMP Negeri 4 Tomohon Sulawesi Utara
Guru SMP Katolik Stella Maris Tomohon Sulawesi Utara
Guru Sekolah Indonesia Davao-Filipina
Guru SMP Negeri 1 Tomohon Sulawesi Utara
Guru SMP Negeri 1 Rantepao Sulawesi Selatan
Pendiri Yayasan Gentlemen of Indonesia
Pendiri Millennials English Course

Baca Juga  Catat, Ini Sasaran Operasi Patuh yang Dilaksanakan Polisi Selama 2 Pekan ke Depan

Hobi: Bermain Bulu Tangkis dan Menyanyi. (*)

Komentar