Ketua Komisi II DPRD Tana Toraja Minta Alsintan di Dinas Pertanian Segera Didistribusikan

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Ketua Komisi II DPRD Tana Toraja, Semuel Tandirerung meminta kepada pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam hal ini Dinas Pertanian agar segera mendistribusikan ratusan alat dan mesin Pertanian (Alsintan) yang menumpuk di Kantor Dinas Pertanian Tana Toraja.

Hal ini disampaikan Semuel Tandirerung dihadapan peserta Musrembang tingkat Kecamatan Bittuang, Jumat, 18 Februari 2022.

“Saya selaku Ketua Komisi II DPRD Tana Toraja mitra kerja Dinas Pertanian saya tegaskan supaya alat pertanian berupa traktor dan lain-lain di Dinas Pertanian agar segera di distribusi ke kelompok tani,” tegas Semuel,.

Legislator Nasdem ini menyebut Alsintan tersebut masih pengadaan tahun 2021 seharusnya petani sudah gunakan apalagi saat ini sudah musim tanam.

Baca Juga  Calon Presiden, Ganjar Pranowo Dijadwalkan Berkunjung ke Toraja

Semuel Tandirerung juga menyebut saat ini sedang dilakukan pemeriksaan BPK sehingga hal ini bisa menjadi menjadi temuan bila belum digunakan sesuai manfaatnya.

Semuel juga menyebut hal yang sama juga terjadi untuk Dinas Kesehatan dimana Alkes pengadaan tahun 2021 baru sementara didistribusi ke PKM padahal seharusnya itu sudah digunakan.

“Kita berharap Dinas Kesehatan memperhatikan kebutuhan Puskesmas supaya alkes-alkes yang didistribusi ada manfaatnya,” katanya.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung yang dikonfirmasi soal Alsintan di Dinas Pertanian yang belum didistribusi mengaku masih menunggu hasil verifikasi dari Dinas Pertanian.

“Kalau data penerima sudah ada dari Dinas Pertanian saya tinggal tandatangan dan langsung dibagikan,” kata Theofilus.

Baca Juga  Sudah 1.758 Pelayan Publik di Tana Toraja Disuntik Vaksin Covid-19

Theofilus mengatakan Verifikasi ini tujuannya agar data kelompok pemohon benar-benar sesuai dengan penerima nantinya. “Jangan sampai ada yang duluan ajukan permohonan tiba-tiba muncul pemohon yang baru dan itu yang ambil,” terang Theofilus. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar