oleh

Dilanda Gempa Bumi Berkekuatan Besar, “Pray for Sulbar” Menggema di Linimasa Media Sosial

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Barat dilanda gempa berkekuatan cukup besar pada Kamis, 14 Januari 2021 siang dan Jumat, 15 Januari 2021 dinihari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bumi bermagnitudo M 5,9 menggunjang wilayah Majene, Provinsi Sulawesi Barat pada pukul 14.35 Wita, Kamis, 14 Januari 2021. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT. Lokasi gempa 4 kilometer arah Barat Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa susulan dengan kekuatan 6.2 SR terjadi lagi pada pukul 02.28 Wita dengan lokasi 6 kilometer Timur Laut Majene, Sulbar. Pusat gempat di kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga  Sudah Dua Orang Toraja yang Jadi Korban Gempa Mamuju, Sulbar

Akibat dua gempa bumi berkekuatan besar serta beberapa gempa susulan kecil lainnya, sejumlah bangunan di Mamuju maupun Majene dikabarkan mengalami kerusakan parah. Belum diketahui, apakah gempa bumi ini menelan korban jiwa. Namun tidak ada tsunami yang terjadi.

Selain di Sulbar, guncangan gempa bumi ini terasa cukup keras di Toraja. Banyak warga mengaku terbangun dari tidur akibat guncangan gempa bumi yang berlangsung kurang lebih setengah menit tersebut.

Terkait peristiwa gempa bumi ini, doa dan ungkapan duka dari warga menggema di media sosial. Tanda pagar #PrayforSulbar terlihat menghiasi linimasa media sosial warga Toraja, terutama di facebook. Pantauan kareba-toraja.com, banyak warga Toraja yang mengungkapkan doa dan kata-kata yang memberi semangat serta kekuatan untuk warga Sulbar.

Baca Juga  5 Truk Bantuan Kemanusiaan Polres Tana Toraja Diberangkatkan ke Mamuju, Sulbar

Selain doa dan ungkapan turut merasakan duka, beberapa netizen juga mulai mengajak warga untuk menggalang donasi dan bantuan kemanusiaan untuk warga yang ditimpa bencana alama gempa bumi di Sulbar.

Pray for Sulbar. Ayo seluruh Daerah, mari kita buktikan rasa solidaritas kita seperti ke Palu dan Masamba,” tulis seorang netizen bernama Ferry.

Berdoa untuk saudara-saudara di Sulbar. Semoga semuanya baik-baik saja,” tulis Ardi.

“Sejenak menundukkan kepala untuk Saudara kita di Sulawesi Barat,” tulis Fransiskus Allo. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya