oleh

MTQ X Tingkat Kabupaten Tana Toraja Resmi Dibuka

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) X tingkat kabupaten Tana Toraja resmi dibuka, Senin, 28 Februari 2022 di Aula SKB Ge’tengan, Kelurahan Rante Kalua’, Kecamatan Mengkendek.

Pembukaan MTQ X Tingkat kabupaten Tana Toraja ditandai dengan pemukulan gendang oleh Bupati Tana Toraja yang diwakili oleh Asisten 1 Setda Tana Toraja, Maraya Allosomba disaksikan Plt Kepala Kantor dan Pejabat Struktural Kementerian Agama Tana Toraja, Rektor IAKN Toraja, Ketua MUI, Para Camat, Lurah dan Kepala Lembang, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, Tokoh Pemuda, Panitia dan Kafilah MTQ dari 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

Pembukaan MTQ X Tingkat Kabupaten Tana Toraja diawali dengan Pawai Ta’aruf Kafilah MTQ dari masing-masing kecamatan dengan mengambil titik start dari Kantor Kecamatan Mengkendek menuju Arena Pembukaan di Aula SKB Ge’tengan. Pawai Ta’aruf dipimpin langsung oleh masing-masing Kepala KUA.

Pembukaan dimeriahkan dengan Tari Pagellu’ dari santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Ge’tengan dan Musik Bambu Ronggeng dari Remaja Masjid Roni Uluway.

Baca Juga  MTQ X Tingkat Kabupaten Tana Toraja Siap Digelar dengan Protokol Kesehatan Ketat

Acara Pembukaan diawali dengan Lantunan Ayat Suci Al Qur’an oleh Kepala Lembang Rantedada Kecamatan Mengkendek Abdul Asis lalu dilanjutkan dengan Lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ oleh Anak-anak Binaan Lembang Kesejahteraan Sosial Anak Al Maun Tana Toraja.

Ketua Panitia MTQ Kabupaten Tana Toraja Sri Yuthi Andilolo dalam laporannya memberikan apresiasi yang tinggi atas dipilihnya Kecamatan Mengkendek sebagai tuan rumah yang tentunya menjadi kebanggaan bagi warga Mengkendek.

Yuthi Andilolo juga berterimakasih kepada Pemda yang telah mendukung kegiatan, Camat Mengkendek dan jajaran Lurah serta Kepala Lembang termasuk pihak IAKN Toraja, Gereja Silo Getengan dan Gereja Kibaid Ge’tengan yang ikut mendukung terselenggaranya MTQ dengan dukungan tenaga melakukan pembenahan lokasi pelaksanaan kegiatan.

“Semoga silaturahmi, hidup rukun dan damai seperti ini senantiasa terjaga” harap Yuthi Andilolo

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tana Toraja Tamrin Lodo dalam sambutannya mengatakan LPTQ hadir dari Surat Keputusan bersama Menteri Agama dan Mendagri yang perannya adalah membantu Pemerintah menyelenggarakan MTQ dan STQH.

Baca Juga  Politisi Golkar Bantu Panitia MTQ X Kabupaten Tana Toraja

MTQ dan STQH merupakan kalender tetap Negara mulai dari Pusat sampai Kecamatan yang penyelenggaranya di tingkat Kabupaten adalah Pemda namun karena situasi tertentu sehingga Kementerian Agama Tana Toraja yang banyak berperan secara teknis” kata Tamrin Lodo

Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Tana Toraja Irman berharap MTQ ini menjadi simbol bahwa kegiatan keagamaan di Kabupaten Tana Toraja dalam versi apapun senantiasa bergandengan tangan sesuai tema Toraja Mala’bi.

“Sebagai orang Kementerian Agama, kita harus siap menyukseskan Visi Misi Kementerian Agama sekaligus Visi Misi Kabupaten dimana kita berada” kata Irman

Asisten 1 Setda Tana Toraja Maraya Allosomba dalam arahannya mengingatkan Panitia untuk senantiasa memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Maraya Allosomba mengatakan Pemda Tana Toraja memahami betul program ini adalah rananya sehingga sangat mengapresiasi Kementerian Agama Tana Toraja yang telah membantu merealisasikan program ini.

Baca Juga  MTQ X Tingkat Kabupaten Tana Toraja Siap Digelar dengan Protokol Kesehatan Ketat
Pembukaan MTQ X Tingkat Kabupaten Tana Toraja diawali dengan Pawai Ta’aruf Kafilah MTQ dari masing-masing kecamatan dengan mengambil titik start dari Kantor Kecamatan Mengkendek menuju Arena Pembukaan di Aula SKB Ge’tengan.

Maraya mengatakan MTQ ini bukan hanya ajang kompetisi namun juga ajang silaturahmi antar umat yang dimulai dari anak-anak dan remaja sehingga contoh kehidupan sehari-hari langsung bisa ditanamkan.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Maraya Allosomba berharap kepada Tim Juri untuk profesional sehingga MTQ Kabupaten bisa menghasilkan bibit bibit terbaik yang akan mewakili Tana Toraja hingga ke pusat bahkan internasional.

Kegiatan yang mengusung Tema “Wujudkan Generasi Qur’ani Yang Cerdas Berakhlakul Karimah Serta Moderat Dalam Kehidupan Menuju Toraja Mala’bi” akan memperlombakan 9 cabang lomba dan akan berlangsung hingga 05 maret 2022 mendatang.

Para juara MTQ tingkat Kabupaten ini nantinya akan mewakili Tana Toraja ke MTQ Tingkat Provinsi yang akan digelar di Kabupaten Bone 24 – 29 Maret mendatang. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya