oleh

Bupati: Toraja Highland Festival Adalah Awal Kebangkitan Pariwisata

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang memberikan apresiasi tinggi terhadap gelaran event promosi wisata, Toraja Highland Festival (THF) 2021.

Dia menyebut, event ini bisa menjadi pemicu dan awal kembangkitan pariwisata Toraja Utara.

“Ini (THF) awal dari kebangkitan kita menggerakkan pariwisata daerah Toraja Utara setelah pandemi Covid-19 melanda,” ungkap Yohanis Bassang, di sela-sela peninjauan pameran UMKM (yang merupakan rangkaian THF 2021) di Lapangan Bakti Rantepao, Sabtu, 9 Oktober 2021 siang.

Untuk diketahui, soft opening Toraja Highland Festival dilakukan oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, mewakili Bupati pada Senin, 4 Oktober 2021. Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang tidak hadir di acara pembukaan ini karena ada tugas pemerintahan di luar daerah.

Baca Juga  Toraja Highland Resmi Ditutup, Raih Omset Ratusan Juta Rupiah

Pada Sabtu, 9 Oktober 2021, menjelang penutupan, Yohanis Bassang menyempatkan diri melihat pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dipusatkan di Lapangan Bakti Rantepao.

Selain meninjau stand sponsor dan puluhan UMKM Toraja, Bassang juga berbincang dengan pelaku UMKM serta membeli produk-produk dan ngopi sambil ngobrol bersama warga yang ada di pameran.

Setelah meninjau pameran, Bupati Yohanis Bassang mengaku bangga kehadiran Bank Indonesia, para sponsor dan pelaku UMKM yang ada di pameran Toraja Highland Festival, khususnya panitia yang telah membuat event.

Dia berharap, ke depan, elemen-elemen masyarakat lain bisa membuat atau mengadakan event, yang bisa membantu pemerintah membangkitkan kembali industri pariwisata, yang lesu akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga  UKI Paulus dan Pemkab Toraja Utara Teken Kerjasama Tri Darma Perguruan Tinggi dan Pendampingan

Selain itu, Bupati yang biasa disapa OmBas ini berharap, kegiatan vaksinasi Covid-19 lebih digenjot lagi. Saat ini, baru 50 persen masyarakat Toraja Utara yang sudah divaksin.

“Harus kita kebut vaksinasi agar tercipta kekebalan bersama sehingga seluruh roda perekonomian dapat bergerak dan masyarakat bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi,” katanya.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang meninjau stand UMKM yang melakukan pameran produk di ajang Toraja Highland Festival 2021. (Rafa Arfa)

Bupati Toraja Utara mengajak masyarakat sosialisasi pentingnya vaksinasi agar mencapai target di angka 70 atau 80 persen, sehingga meyakini kekebalan tubuh bisa tercipta bersama dan mata rantai penyebaran Covid-19 terputus.

OmBas juga berharap evet Toraja Highland Festival ini bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan kembali ekonomi dengan melakukan pameran UMKM, memberi semangat kepada pelaku ekonomi masyarakat di Toraja Utara. (*)

Baca Juga  Mahasiswa Toraja dari Universitas Kristen Satya Wacana Ini Datang Nonton Festival Sambil Bagi-bagi Masker

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya