oleh

Bupati Tana Toraja “Tantang” Pengurus PMTI Gelar Lomba Desain Homestay

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung membuka secara resmi event Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), yang dirangkaikan dengan perayaan Paskah dan Hari Kartini, Senin, 18 April 2022.

Beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam rangkaian HUT PMTI ke-18 yang akan di gelar di dua Kabupaten, Tana Toraja dan Toraja Utara,  18 – 24 April 2022.

Pembukaan event yang dilaksanakan di Taman Seni Kota Makale ini ditandai dengan penabuhan gendang oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung bersama Ketua Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa bersama sejumlah tokoh Toraja lainnya.

Dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan, Theofilus “menantang” Pengurus PMTI untuk memprakarsai lomba desain homestay di Toraja.

Baca Juga  BREAKING NEWS: Jalan Poros Rantepao-Pangala’ Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

“HUT PMTI ini semoga bisa menjadikan kita semua semakin menghayati nilai katorayaan kita dan ini harus terus dijiwai untuk terus membangun kebersamaan tanpa embel-embel asal usul, agama dan dan lain-lain,” kata Theofilus

PMTI juga diharapkan tidak hanya membangun internal PMTI melainkan juga pulang ke kampung untuk memberi pemikiran, konsep, dan tindakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Toraja.

Menurut Theofilus, berbagai program telah dibicarakan dengan pengurus sebelumnya, salah satunya adalah Lomba Desain Homestay untuk 2 Kabupaten. “Sehingga kiranya pengurus sekarang dapat memprakarsai lomba desain homestay agar menjadi pedoman bagi kita semua termasuk Diaspora untuk bersama – sama membangun homestay di berbagai tempat di dua Kabupaten di Toraja ini menuju “Toraja Seribu Kamar Homestay”,” harap Theofilus.

Baca Juga  Kios-kios di Pasar Sore Rantepao Dibongkar Pemerintah

Selain itu, Theofilus Allorerung juga berharap, ke depan untuk pelaksanaan event dalam rangka HUT Kabupten dan Hari Jadi Toraja sekiranya PMTI bisa bersama-sama dengan Pemda untuk membangun koordinasi dan sinergi yang baik.

Sementara itu Ketua PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa mengatakan event ini adalah momentum perantau yang rindu kampung halaman untuk kembali bersinergi dengan masyarakatnya, pemerintah daerahnya, dengan gerejanya, dan lainnya.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa membuka rangkaian event perayaan 18 tahun PMTI di Makale, Senin, 18 April 2022. (AP/Kareba Toraja).

Selvanus Lumbaa berharap dengan melandainya Covid-19, ekonomi kembali tumbuh dengan peran PMTI melalui asosiasi pengusaha masyarakat Toraja dimana PMTI akan menjadi patner pemerintah daerah, pengusaha lokal, dan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Baca Juga  Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Ditunda

Sebelum seremoni pembukaan event digelar, kegiatan diawali dengan Pawai Budaya yang menghadirkan ragam budaya dari berbagai daerah serta pesan toleransi dengan kehadiran Kontingen Penganut Agama Katolik, Kibaid, Gereja Toraja, Muslim dan Hindu Alukta.

Juga dalam Pawai Budaya pesan kebhinekaan hadir dari Pengurus Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Toraja yang menghadirkan kolaborasi tari Toraja dan Papua. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar