oleh

Anggota DPRD Sulsel Serahkan Bantuan Hibah Rumah Ibadah di Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, John Rende Mangontan menyerahkan bantuan hibah kepada beberapa rumah ibadah di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Penyerahan bantuan hibah rumah ibadah ini dilaksanakan secara simbolis di kediaman John Rende Mangontan di Kalaa, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Kamis, 30 Desember 2021.

Bantuan hibah rumah ibadah yang merupakan aspirasi politisi Partai Golkar ini diserahkan kepada empat gereja dan satu masjid. Nilai hibah berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 175 juta.

Selain lima rumah ibadah itu, masih ada dua gereja, satu masjid, dan satu sekolah yang tertunda pencairan dananya, karena kendala administasi. Rumah ibadah dan sekolah yang terkendala administrasi ini dananya akan cair awal tahun depan.

Baca Juga  Harus Ada Solusi Bersama untuk Kebaikan Masyarakat dan PLTA Malea

Kelima rumah ibadah yang mendapat bantuan dana hibah tersebut, masing-masing Gereja Toraja Jemaat Kandora, Gereja Katolik Tondon Toraja Utara, Masjid Maryam Togon Kaduaja, Gereja Toraja Jemaat Lembah Kasih Ollon, dan Gereja Katolik Stasi Santo Antonius Buntu.

Sedangkan tiga rumah ibadah dan satu sekolah yang masih tertunda pencairan dananya, masing-masing Gereja Toraja Jemaat Moria Tondon Ambuan, Gereja Katolik Santo Agustinus Balulu’, Masjid Nurul Jihad, dan SMK Kristen Kandora.

“Bantuan hibah rumah ibadah ini merupakan perjuangan aspirasi saya yang disalurkan langsung kepada pengurus rumah ibadah,” ungkap JRM, sapaan akrab John Rende Mangontan.

Politisi Partai Golkar ini menyatakan dirinya berkeinginan untuk lebih banyak lagi membantu rumah-rumah ibadah di Tana Toraja dan Toraja Utara yang masih dalam proses pembangunan maupun renovasi. Namun tidak semua bisa terjangkau karena kondisi anggaran yang terbatas.

Baca Juga  Sosialisasi Perda RPJMD Sulsel, Toraja Jadi Kawasan Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya

“Saya maunya banyak rumah ibadah yang kita bantu, tapi anggaran terbatas, sehingga kita lihat yang paling urgen dulu,” katanya.

Tahun depan, kata JRM, dirinya juga tetap mengupayakan bantuan dana hibah untuk rumah ibadah untuk semua denominasi gereja dan masjid. Termasuk dalam perjuangan adalah honor untuk guru sekolah minggu.

“Bantuan yang kita berikan ini nilainya tidak seberapa. Tapi saya sangat berharap, bantuan ini digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membangun rumah ibadah yang layak untuk masyarakat,” urai JRM. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar