oleh

Setelah Dilantik, Ini yang Akan Dilakukan Yohanis Bassang dan Dedy Palimbong di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Yohanis Bassang dan Frederik Victor Palimbong sudah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih, hasil Pilkada 9 Desember 2020, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja, Sabtu, 23 Januari 2021.

Kepada wartawan usai menerima salinan SK penetapan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Yohanis Bassang menegaskan dirinya bersama Wakil Bupati akan langsung bekerja setelah dilantik.

Bupati terpilih yang akrab disapa OmBas itu, mengatakan dirinya hadir menjadi Bupati Toraja Utara bukan karena ingin dilayani tetapi untuk melayani masyarakat. Selain itu, juga karena keprihatinannya terhadap kondisi kampung halaman.

“Setelah pelantikan nanti kita akan melakukan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlalu gemuk menyedot anggaran yang begitu besar sementara rakyat menanti pelayanan.Dan yang kedua adalah kita akan melakukan rasionalisasi anggaran yang akan dikaitkan dengan perubahan anggaran,” terang OmBas.

Baca Juga  Dijanjikan Kerja di Tembagapura, Tiga Warga Toraja Utara Tertipu

Menurut mantan Wakil Bupati Mimika, Papua ini, sangatlah tidak elok ketika kita menetapkan APBD lalu didalamnya ada beberapa kegiatan lalu ditenderkan. Kemudian dilaksanakan. Dan di akhir tahun kita tidak dapat membayar.

“Maka ini akan menimbulkan masalah. Jadi kita harus hati-hati melihat dan mengamati secara matang PAD berapa dan riilnya berapa, DAU berapa, kita akan rasionalisasi kembali sehingga tidak menutup kemungkinan yang dari Rp1,1 triliun yang telah ditetapkan, setelah dirasionalisasi bisa menjadi Rp800 atau Rp900 miliar. Kita tidak mau ada kata defisit karena itulah ukuran keberhasilan pemerintah,” tegasnya.

Selain itu Yohanis Bassang juga menegaskan bahwa untuk tenaga honorer daerah yang ada sekarang ini akan dites ulang dan diseleksi secara matang. “Tidak ada istilah titp-titip. Dari 4000-an tenaga honorer kemungkinan akan dipangkas menjadi sekitar 500an saja,” katanya.

Baca Juga  Dua Pesawat Terbang Bolak-Balik di Langit Toraja Utara dalam 2 Hari Ini, Ada Apa?

Yohanis Bassang juga berjanji akan turun langsung ke kantor-kantor untuk mengecek langsung nama-nama personel yang terdaftar, termasuk kedisiplinan ASN.

Pasangan Yohanis Bassang – Frederik Victor Palimbong ditetapkan oleh KPU sebagai Bupati Terpilih Toraja Utara pada tanggal 23 Januari 2921 dengan kemenangan suara sebanyak 44%.

Merujuk pada waktu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara saat ini (periode 2016-2021), Kalatiku Paembonan dan Yosia Rinto Kadang, yakni tanggal 31 Maret 2016, maka pelantikan Yohanis Bassang dan Frederik Victor Palimbong kemungkinan akan berlangsung pada 31 Maret 2021 mendatang. (*)

Penulis: Herson Pasuang
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya