Jenazah Warga Toraja yang Dibunuh di Yahukimo Dipulangkan ke Kampung Halaman

KAREBA-TORAJA.COM, JAYAPURA — Jenazah Matius Panggorapan (46), warga sipil asal Toraja yang menjadi korban pembunuhan di Yahukimo, Papua, diberangkatkan ke kampung halaman, Jumat, 4 Agustus 2023 pagi.

Jenazah Matius diperkirakan tiba di Makassar sekitar pukul 11.30 Wita dan langsung menuju ke Sa’dan, Toraja Utara.

Tokoh pemuda Toraja di Jayapura, Rony Bulo, menginformasikan jenazah Matius sudah diterbangkan sekitar pukul 06.30 WIT melalui Bandara Sentani, Papua.

Matius Panggorapan (46) berasal dari Minang, Lembang (Desa) Sa’dan Ballo Pasange, Kecamatan Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara, tewas dibacok orang tak dikenal (OTK), Jalan Statistik , Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Rabu, 2 Agustus 2023 siang.

Pembacokan dilakukan sekitar pukul 11.30 WIT saat korban hendak membuka kios di Jalan Statistik, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Lantik 4 Pimpinan Tinggi Pratama, 6 Kepsek, dan 113 Pejabat Struktural

Sebelumnya, jenazah Matius diterbangkan dari Yahukimo ke Jayapura pada Kamis, 3 Agustus 2023. Jenazah tiba di Bandara Sentani sekitar pukul 17.00 WIT. Jenazah kemudian disemayamkan di rumah satu kerabat di Jalan Sosial, Jayapura.

Menurut catatan KAREBA TORAJA, Matius Panggorapan warga asal Toraja keempat yang menjadi korban pembunuhan di Kabupaten Yahukimo, Papua, dalam empat bulan terakhir.

Sebelumnya ada Almarhum Viktor Hadi Sampa, Yonatan Arruan, dan Asri Obed yang juga dibunuh OTK di Dekai, Yahukimo.

BERITA TERKAIT: Dua Warga Sipil Asal Toraja Dibunuh di Yahukimo, Jenazah Akan Dipulangkan ke Kampung Halaman

Jenazah Matius Panggorapan ditemukan bersimpah darah akibat pembacokan yang dilakukan oleh orang tak dikenal dan mengakibatkan korban luka bacok di bagian perut hingga ususnya terburai.

Baca Juga  Ingin Ikut Berkontribusi dalam Pencegahan Stunting, Pemuda Katolik Tana Toraja Koodinasi BKKBD

Jasad Matius kemudian dievakuasi ke RUSD Dekai. Sementara pihak kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua, Edy Rantetasak yang dikonfirmasi KAREBA TORAJA, Rabu, 2 Agustus 2023 malam, mengaku sangat bersedih dan prihatin atas peristiwa tersebut. Edy merasa terpukul karena dalam waktu beberapa bulan saja sudah empat orang warga yang dibunuh di Yahukimo.

BERITA TERKAIT: 9 Nyawa Korban KKB Papua dalam 3 Tahun Terakhir, Pemkab dan PMTI Diminta Cari Solusi

Edy Rantetasak menyatakan jenazah almarhum Matius Panggorapan akan dipulangkan ke kampung halaman di Sa’dan, Toraja Utara. (*)

Penulis: Desianti/Ars
Editor: Arthur

Komentar