oleh

Sesepuh Toraja, Ishak Bitticaca, Wafat

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Tokoh pendidikan dan ekonomi, yang juga salah satu sesepuh Toraja, Ishak Bangun Biticaca, meninggal dunia.

Mantan Ketua KSP Balo’ta ini menghembuskan nafas terakhirnya di RS Fatimah Makale, sekitar pukul 18.30 Wita, Selasa, 13 April 2021.

Ishak Bitticaca meninggal pada usia 92 tahun. Dia lahir di Makale, 17 Juni 1929. Saat ini, jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Buntu Bungin, Kelurahan Kamali Pentalluan, Kecamatan Makale, Tana Toraja.

Almarhum Ishak Bitticaca meninggalkan satu orang istri, Antoneta Ta’bi Pangala dan delapan orang anak. Salah satu anakanya adalah Irjen Pol Drs.Verdianto Iskandar Bitticaca, seorang perwira tinggi Polri, yang saat ini menjabat Kakorpolairut Baharkam Polri.

Selama hidupnya, Ishak Bitticaca mengabadikan hidupnya untuk dunia pendidikan (salah satunya ikut mendirikan SMEA Kristen Makale) dan ekonomi, termasuk pemberdayaan terhadap para petani Toraja.

Banyak orang merasa kehilangan atas kepergian Ishak Bitticaca. Itu sebabnya, pada Selasa malam hingga Rabu, 14 April 2021, banyak warga dan tokoh-tokoh Toraja yang mengungkapkan belasungkawa pada linimasa akun media sosial milik mereka. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya