oleh

Kecamatan Kesu’ dan Balusu Juara Lomba Penyuluhan dan Administrasi Posyandu

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kader Posyandu dari Kecamatan Kesu’ dan Kecamatan Balusu keluar sebagai juara dalam lomba penyuluhan dan administrasi Posyandu yang dilaksanakan TP PKK Kabupaten Toraja Utara, Rabu, 29 September 2021.

Untuk kategori penyuluhan, posisi kedua dan ketiga ditempati kader Posyandu dari Kecamatan Baruppu’ dan Sesean Suloara. Sedangkan untuk kategori administrasi Posyandu, juara dua dan tiga diraih Kecamatan Tallunglipu dan Kapala Pitu.

Lomba dengan tema “Anak Toraja Sehat, Cerdas, Ceria, dan Berahlak Mulia Melalui Peran PKK di Posyandu” itu digelar TP PKK Kabupaten Toraja Utara, dirangkaikan dengan Pencanangan Kebut Vaksin di Kabupaten Toraja Utara.

Ketua TPPKK Kabupaten Toraja Utara, Ny Agustina M Bassang mengatakan Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan kesehatan dasar terutama berkaitan dengan penurunan angka kematian ibu, bayi, dan balita.

Baca Juga  Lembang Nonongan dan Kole Sawangan Masuk 100 Besar Anugerah Desa Wisata 2021

“Kader Posyandu sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat. Keberhasilan suatu posyandu dalam melaksanakan program dan kegiatan PKK ditentukan oleh kerja dan karya kader. Untuk itu diharapkan untuk terus menjaga kekompakan dan kerjasama yang baik, ketulusan dan keikhlasan, serta dapat bersinergi dengan petugas kesehatan dan pemerintah,” terang Agustina.

Pelaksanakan lomba administrasi posyandu dan penyuluhan kader posyandu, kata Agustina, bertujuan sebagai wadah silaturahmi dan memotivasi kader posyandu dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam pengelolaan administrasi posyandu secara baik dan benar serta dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, selaku Pembina TP PKK Kabupaten Toraja Utara dalam sambutannya mengatakan,kegiatan ini sangat baik bagaimana kader posyandu menata administrasi tentang posyandu.

Baca Juga  Masih Banyak Warga Toraja Tidak Percaya Adanya Virus Corona

“PKK selaku kader posyandu harus paham dan menjadi narasumber ketika berada di Lembang dan lingkungan masing-masing. Ibu- ibu punya tanggung jawab yang besar dalam keluarga, menata rumah tangga, mengurus anak dan suami serta mengatur keuangan keluarga. PKK sangat menunjang karir seorang suami, oleh sebab itu seorang ibu harus sabar, menjaga keharmonisan dan kemesraan dan saling menghargai dalam rumah,” ujar Bassang.

PKK, kata dia, memegang peran sangat penting dan strategis dalam membangun kehidupan berkeluarga. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya