oleh

Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Kole Sawangan Layak Jadi Destinasi Unggulan

KAREBA-TORAJA.COM, MALIMBONG BALEPE’ — Salah satu rangkaian kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno di Toraja adalah mengunjungi Desa Wisata Lembang Kole Sawangan di Kecamatan Malimbong Balepe’, Kabupaten Tana Toraja, Minggu 21 November 2021.

Tiba di Kole Sawangan, Sandiaga Uno terpukau dengan keindahan alam, kehidupan keseharian masyarakat Toraja yang dibalut dalam kolosal atraksi budaya Toraja.

Sandiaga Uno juga menikmati enaknya kopi Toraja sambil duduk di atas alang (lumbung) ditengah cuaca dingin dan hujan. Tak lupa dia juga mencicipi berbagai ragam makanan khas Toraja.

Sandiaga Uno juga melihat langsung aktivitas masyarakat, yaitu mengayamam bambu menjadi berbagai jenis bahan kesenian dan peralatan sehari-hari masyarakat Kole Sawangan.  Bambu merupakan tumbuhan yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan masyarakat Kole Sawangan karena ketersediaannya yang melimpah.

Baca Juga  Hadapi Pemilu 2024, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Konsolidasi

Sebelum meninggalkan Kole Sawangan, Sandiaga Uno menandatangani Prasasti menetapkan Desa Wisata Kole Sawangan sebagai satu diantara 50 Desa Wisata terbaik se-Indonesia.

“Saya tandatangani prasasti ini, semoga menjadi awal kebangkitan pariwisata Toraja yang pernah menjadi nomor dua setelah Bali,” ungkap Sandiaga.

Sandiaga Uno mengatakan meskipun pengajuan Kole Sawangan sebagai Desa Wisata baru 4 bulan yang lalu, namun komitmen, kolaborasi dan gerak cepat semua pihak sehingga berdasarkan penilaian, Kole Sawangan sangat layak menjadi destinasi unggulan.

“Oleh karena itu, kami akan menggagas bersama dengan para pelaku parekraf, tahun depan satu event internasional yang menandakan perjalanan kembali Toraja sebagai destinasi unggulan setelah Bali, semoga peserta konferensi internasional menjadikan Kole Sawangan menjadi kunjungan wajib di Toraja,” katanya.

Baca Juga  Akhirnya, Prodi Teknik Sipil UKI Toraja Terakreditasi BAN-PT

Sandiaga Uno juga menghadiahkan alat pemotongan bambu kepada masyarakat Kole Sawangan untuk mendukung kerajinan anyaman bambu sebagai salah satu sektor unggulan. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya