oleh

Toraja Highland Resmi Ditutup, Raih Omset Ratusan Juta Rupiah

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Gelaran event promosi wisata bertajuk Toraja Highland Festival (THF) tahun 2021, resmi ditutup, Sabtu, 9 Oktober 2021 malam. Event ini mampu menggerakkan ekonomi, UMKM, dan pariwisata dengan omset ratusan juta rupiah.

Closing Ceremony THF 2021 itu dilakukan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang didampingi Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, Direktur Bank Indonesia Sulawesi Selatan (Sulsel), Rudy Bambang Wijanarko, dan Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Edwin Permadi, serta para perwakilan sponsor di Lapangan Bakti Rantepao, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas keterlibatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan Forkopimda Toraja Utara, serta industri perbankan, para sponsor, dan pelaku UMKM.

Baca Juga  Sebelum Menikah, Calon Pengantin Mesti Diberi Edukasi Tentang Stunting

“Kita hadir disini setelah setahun lamanya vakum karena pandemi Covid-19. Saya optimis bahwa event ini bisa menjadi awal dan pemicu kebangkitan pariwisata Toraja Utar. Tapi ingat, warga Toraja Utara harus sadar untuk divaksin agar kita bisa mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga event seperti ini bisa terus kita lakukan,” ungkap Yohanis Bassang.

Bupati berharap, masyarakat makin sadar akan pentingnya vaksin, agar bisa mendapat kekebalan tubuh, sehingga pemerintah dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Vaksin itu penting. Puskesmas di 21 kecamatan sudah bekerja untuk vaksinasi. Di beberapa lokasi lain, seperti Kodim 1414 dan THF, vaksinasi  juga berlangsung,” ujar Bassang lebih lanjut.

Dia mengatakan, jika herd immunity bisa dicapai oleh Toraja Utara, maka kabupaten ini akan kembali mendapat kunjungan banyak wisatawan.

Baca Juga  Misa Kamis Putih di Toraja Dijaga Ketat Polisi Bersenjata

“Wisatawan itu, jika berkunjung ke Sulawesi Selatan, maka destinasi yang paling dicari ada di Toraja Utara. Maka itu, harus vaksi, supaya lebih banyak event digelar untuk menarik banyak orang berwisata,” katanya.

Omset Ratusan Juta

Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara, Damayanti Batti, mengatakan perputaran uang pada pameran UMKM selama sepekan THF digelar di Lapangan Bakti Rantepao, mencapai ratusan juta rupiah.

Masata Toraja Utara dan Geopark Toraja adalah penyelenggara event Toraja Highland Festival, yang berlangsung dari tanggal 4-9 Oktober 2021.

“Dari rekap panitia, total penjualan produk UMKM di dalam lokasi pelaksanaan pameran mencapai Rp243.235.000. Banyak yang tidak melapor, jadi kemungkinan masih lebih dari jumlah ini,” terang Damayanti, Minggu, 10 Oktober 2021.

Baca Juga  8 Terduga Pelaku Judi "Tedong Silaga" Ditangkap Timsus Singgalung Polres Toraja Utara

Damayanti, yang juga merupakan istri dari Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong itu, menambahkan dampak perputaran uang bukan hanya bagi pelaku UMKM yang menjadi peserta pameran saja, tapi juga untuk para penjual kuliner yang selama ini memanfaatkan Lapangan Bakti. Juga para pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar lokasi pameran.

“Ada 34 UMKM dari Toraja Utara dan Tana Toraja yang mengikuti Pekan Raya Toraja, 6 diantaranya merupakan binaan perbankan,” ungkap Damayanti.

Selain UMKM dan pelaku ekonomi kecil, gelaran THF 2021 juga membuat tingkat hunian hotel di Toraja Utara membaik. Damayanti menyebut tingkat hunian hotel mencapai  mencapai 80%. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya