oleh

Tokoh Masyarakat Nyatakan Siap Bersinergi dengan Kalem Buakayu Terpilih

KAREBA-TORAJA.COM, BONGGAKARADENG — Sejumlah tokoh masyarakat menyatakan siap mendukung dan bersinergi dengan Kepala Lembang (Kalem) Buakayu terpilih, Bertha Sondong.

Pernyataan itu disampaikan tokoh-tokoh masyarakat Buakayu, DB Paembang, Pdt. Joni Pakau Lembang, Helka Rerung, Pdt. Daniel Mila Pakau, Rati Gena Paembonan, Seri Limban, Bertha Sondong, Jhonly Sandakila, Pdt.Natan Suaris, Minggu, Calvin Mesalinggi dan Agustinus Patinggi dalam sebuah acara yang digelar pasca pesta demokrasi Pemilihan Kepala Lembang Buakayu, Jumat, 5 November 2021.

Untuk diketahui, pada Pilkalem Buakayu, yang dilaksanakan serentak bersama 47 lembang lainnya di Tana Toraja, Senin, 1 November 2021, diikuti dua calon, yakni Jhonlie Sandakila dan Bertha Sondong.

Jhonlie Sandakila diketahui merupakan calon petahana, yang sudah dua periode menjabat Kepala Lembang Buakayu. Sedangkan Bertha Sondong adalah mantan bendahara dan sekretaris di lembang tersebut.

Baca Juga  Sabtu Lusa, Ada Vaksinasi Berhadiah Sembako dari Polres Tana Toraja di Mengkendek

Hasil pemilihan memperlihatkan selisih perolehan suara yang cukup jomplang diantara keduanya. Bertha yang kemudian dinyatakan sebagai pemenang memperoleh 594 suara, sedangkan Jhonlie hanya mendapat 358 suara.

Meski begitu, pemilihan Kepala Lembang Buakayu berlangsung aman dan lancar. Bahkan pasca perhitungan suara, kedua calon menerima hasil tersebut dan bersalaman di hadapan ratusan warga/pemilih yang hadir. Aksi keduanya pun direspon dengan tepuk tangan warga yang hadir.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Lembang Buakayu, Rati Gena Paembonan, berharap setelah Pilkalem masyarakat tidak lagi terpecah karena perbedaan pilihan. Tapi kembali menyatukan semangat dan kebersamaan untuk membangun Lembang Buakayu lebih baik ke depan.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Buakayu, Helka Rerung, yang juga Humas pada Pengadilan Negeri Makale, mengatakan pasca Pilkalem serentak 1 November lalu, pihaknya banyak menerima atau ditemui beberapa peserta calon kepala Lembang atau tim pemenangan untuk berkonsultasi terkait dengan kemelut dan dinamika Pilkalem yang terjadi wilayahnya masing-masing.

Baca Juga  Truk Bermuatan Kayu Bangunan Rumah Terbalik di Mengkendek

“Namun secara khusus untuk Pilkalem Buakayu, yang saya ketahui tidak ada pengaduan atau permasalahan yang terjadi,” kata Helka.

Helka juga mengatakan bahwa kedua calon Kepala Lembang Buakayu yang bertarung pada Pilkalem adalah tokoh yang mempunyai visi dan misi yang sama, yaitu ingin membangun Lembang Buakayu yang lebih baik lagi ke depan. “Saya ucapkan selamat kepada Bertha Sondong sebagai calon terpilih dan terima kasih kepada Jhonly Sandakila atas jasa dan pengabdiannya selama ini,” pungkas Helka. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya