Inilah 4 Utusan Sulsel yang Lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024, Salah Satunya dari Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), memilih empat siswa SMA untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2024.

Dari empat siswa tersebut, satu diantaranya berasal dari Kabupaten Toraja Utara.

Dikutip dari akun Instagram resmi Bakesbangpol Sulsel (@bakesbangpolsulsel), keempat siswa yang terpilih tersebut, masing-masing Andi Muhammad Rheza Aidhil Nararya, nomor dada 056 dari SMAN 1 Kabupaten Bone. Kemudian, Try Adyaksa S, nomor dada 064 dari SMAN 1 Kota Parepare. Berikutnya, Agatha Sapan Kallolangi’, nomor dada 031 dari SMAN 2 Kabupaten Toraja Utara, dan Indhira Nur Anastazya Pontoh, nomor dada 091 dari MAN 2 Kota Makassar.

Baca Juga  Begini Kronologi Longsor yang Menimbun 8 Warga di Buntao’, Toraja Utara

Selain empat utama itu, Bakesbangpol Provinsi Sulsel juga mengumumkan dua nama cadangan, yakni Fathir Fathoni, dengan nomor dada 088 asal Kota Makassar dan Andhita Unga, dengan nomor dada 051 asal Kabupaten Gowa.

Para siswa ini terpilih melalui seleksi ketat di tingkat Provinsi yang dilaksanakan di GOR Sudiang Makassar, tanggal 13 s/d 15 Mei 2024.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Ansar mengatakan, telah dipilih dua pasang calon Paskibraka terbaik dari kabupaten kota. Mereka akan jadi utusan Pemprov Sulsel untuk mengikuti seleksi Paskibraka Nasional pada bulan Juni mendatang.

Selain itu, kata Ansar, Pemprov Sulsel juga menyiapkan satu pasang calon Paskibraka sebagai cadangan.

Baca Juga  Rumah BUMN Telkom Tana Toraja Gelar Pelatihan Pembuatan Souvenir dari Limbah Tenun

“Ada dua pasang Capaska terbaik dari Kabupaten/Kota se-Sulsel beserta satu pasang cadangan yang akan mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Nasional pada bulan Juni mendatang,” kata Ansar.

Ia mengatakan, tim seleksi Paskibraka Provinsi Sulsel dan penjaringan nasional, terdiri dari TNI, Polri, BPIP RI, DPPI Sulsel, PPI Sulsel, tim medis, dan akademisi.

Khusus untuk peserta dari Toraja, jika tidak ada aral merintang dan Agatha Sapan Kallolangi’ lolos seleksi nasional, ini adalah sejarah. Dimana dalam dua tahun berturut-turut ada putri Toraja yang ikut dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional di Istana Negara (tahun ini rencananya dilaksanakan di IKN Nusantara).

Sebab, tahun lalu (2023), ada putri Toraja atas nama Stevia Azalia Saranga, siswi SMA Negeri 5 Tana Toraja, juga lolos seleksi menjadi salah satu personil Paskibraka Nasional. Stevia Azalia Saranga sudah melaksanakan tugas dengan baik pada detik-detik peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 yang lalu. (*)

Baca Juga  Seminar Pendidikan Yubileum 85 Tahun BPKT; Menemukan Semangat Panggilan sebagai Guru Melalui Yesus Sang Guru Sejati

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar