oleh

Jalan Penghubung Enrekang dan Tana Toraja di Kecamatan Rano Tertutup Longsor

KAREBA-TORAJA.COM, RANO — hujan deras yang mengguyur wilayah kabupaten Tana Toraja dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan bencama alam di sejumlah tempat.

Hujan deras yang terjadi sejak Selasa, 15 Februari 2022 mengakibatkan jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Enrekang, tepatnya di Pongkamisi’, Lembang Rumandan, Kecamatan Rano tertutup material longsor.

Akibatnya, akses jalan menuju Enrekang dan sebaliknya dari Enrekang menuju Tana Toraja terputus sementara.

Jalan Poros Pongkamisi-Malolin ini merupakan akses terdekat bagi warga Kecamatan Rano yang hendak menuju Ibukota Kabupaten Tana Toraja dan akses menuju pusat ekonomi di Pasar Sudu, Enrekang.

Kepala Lembang Rumandan, Darius Sappang yang dikonfirmasi menyebut setidaknya ada 5 titik longsor yang terjadi di Lembang Rumandan yang menutup akses jalan.

Baca Juga  Kepmendikbud 16/2021: Besarnya Dana BOS Siswa SMKN Rp 1.790.000 per Tahun

“Pokoknya dari Pongkamisi perbatasan Tana Toraja dan Enrekang sampai ke Kantor Kecamatan Rano putus total, Pak,” terang Darius Sappang, Rabu, 16 Februari 2022.

Akses jalan ekonomi penghubung Tana Toraja dan Enrekang terputus akibat tanah longsor.

Material longsor berupa tanah dan batu-batuan menutupi sebagain besar badan jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Pemerintah Lembang Rumandan berharap pihak terkait segera membuka akses jalan agar aktivitas masyarakat kembali berjalan normal. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya