Renata Madao, Putri Toraja, Atlet Karate Berprestasi Tingkat Nasional dan Internasional

KAREBA-TORAJA.COM, DEPOK — Meraih medali emas pada Kejurnas KASAL CUP 2 di Jakarta, yang digelar pada 12-14 Januari 2023 adalah prestasi terbaru yang diukir oleh Renata Glory Madao. Dia merebut medali emas pada kategori Kata Perorangan Putri Junior.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2022 yang lalu, Renata meraih medali perunggu di ajang 18th Asian Karate Federation Championship 2022 bidang Female Kata Cadet di Tashkent, di Uzbekistan.

Asian Karate Federation Championship adalah ajang kompetisi olahraga karate tertinggi di Asia. Kompetisi ini diadakan oleh Asian Karatedo Federation (AKF) dibawah pengawasan World Karate Federation (WKF). AKF menyelenggarakan Kejuaraan Karate Asia Junior dan Senior di negara yang berbeda setiap dua tahun sekali.

Asian Karate Federation Championship adalah ajang kompetisi olahraga karate tertinggi di Asia. Kompetisi ini diadakan oleh Asian Karatedo Federation (AKF) dibawah pengawasan World Karate Federation (WKF). AKF menyelenggarakan Kejuaraan Karate Asia Junior dan Senior di negara yang berbeda setiap dua tahun sekali.

Untuk sampai di level Asia, bahkan meraih meraih medali Perunggu, perjuangan Renata Glory Madao tidaklah mudah. Ia sudah berlatih sejak umur 7 tahun, tepatnya saat duduk di bangku kelas 2 SD. Latihan yang rutin mengantarkan Renata meraih Medali Emas Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2020. Setelah memperoleh medali emas ini, Renata terus mencetak juara 1 di berbagai kejuaraan di bidang Karate. Termasuk salah satunya ia kembali meraih Medali Emas di ajang O2SN jenjang SMA tingkat Nasional.

Baca Juga  Turnamen Sepak Bola dan Sepak Takraw Bupati Toraja Utara Cup I Resmi Dibuka
Renata Glory Madao bersama para peraih medali di kejuaraan internasional 18th Asian Karate Federation Championship 2022. (Foto: dok. pribadi).

Kemudian, pada bulan Oktober 2022 lalu, Renata mengikuti seleksi kejuaraan yang dilaksanakan oleh Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) yang memperebutkan piala Ketua Umum FB Forki.

Seperti pepatah yang menyebutkan bahwa tidak ada jalan menuju kesuksesan yang bertaburan bunga, hal tersebutlah juga yang dialami oleh Renata. Sekitar 2 minggu sebelum pertandingan dimulai, kakinya sempat mengalami cidera saat latihan. Namun, menjelang pertandingan kakinya semakin membaik. Semangatnya yang selalu membara membuat Renata kembali meraih Medali Emas di kelas Kadet Kata Perorangan Putri yang akhirnya membuatnya dipanggil untuk bergabung dengan Tim Nasional (Timnas) Karate Junior untuk mewakili Indonesia pada ajang internasional 18th Asian Karate Federation Championship 2022.

Baca Juga  2 Rumah dan 5 Lumbung Milik Warga Ludes Terbakar di Balusu

Meraih prestasi-prestasi tersebut tak membuat Putri Toraja yang bercita-cita menjadi Abdi Negara ini berhenti untuk berlatih. Ia terus berlatih dan berusaha untuk menunjukkan yang terbaik dan meningkatkan prestasinya. “Aku senang dan bersyukur banget atas pencapaian ini, pastinya aku akan tingkatin lagi prestasiku,” ujar Renata seperti dilansir laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Renata juga mengajak seluruh pelajar di Indonesia untuk semangat berprestasi. “Jangan pernah lupa berdoa dan berusaha, meminta restu dari orang tua, dan yang terpenting jangan pernah bosan untuk latihan,” katanya.

Renata Glory Madao adalah siswi kelas XI SMA Negeri 1 Depok, Jawa Barat.

Bungsu dari dua bersaudara ini lahir di Jakarta, 24 Desember 2006. Ayahnya Leo Pratomo. Ibunya, Helma Madao, berasal dari Angin-angin, Kecamatan Kesu’, Toraja Utara.

Baca Juga  Menang Pemilu 2024 di Toraja Utara, Partai Golkar Raih Total Suara 33.090

Dia belajar Karate sejak kelas III SD. Menurut ibunya, Hema Madao, kecintaan Renata terhadap olahraga Karate kemungkinan besar diwariskan dari kakeknya yang merupakan anggota TNI. “Mungkin dari kakeknya ya,” kata Herma kepada kareba-toraja.com, Senin, 16 Januari 2023.

Menurut Herma, selain Karate, Renata juga menyukai alat musik, terutama gitar.

Motivasi Bagi Generasi Toraja

Pretasi demi prestasi bidang olahraga yang diukir oleh Renata Glory Madao ini sejatinya mesti menjadi motivasi dan pelecut semangat bagi generasi muda Toraja. Bahwa semua prestasi (di bidang apa saja) bisa diraih asal tekun, semangat, dan tidak mudah menyerah. Kemudian tidak merasa rendah diri diantara orang lain.

Renata Glory Madao, peraih medali medali emas pada kategori Kata Perorangan Putri Junior, Kejurnas KASAL CUP 2 di Jakarta, tahun 2023. (Foto: dok. pribadi).

“Meski kami ini tinggal di perantauan, tapi tetap ingat Toraja. Ya, saya berharap, apa yang dilakukan oleh Renata bisa diikuti oleh anak-anak kita di Toraja,” kata Helma.

Menurut Helma, dengan berprestasi di bidang olahraga, sangat membantu Renata dalam Pendidikan. Dia cukup mudah masuk ke sekolah favorit melalui jalur prestasi olahraga. Kemudian bisa mengharumkan nama daerah dalam berbagai ajang kejuaraan yang diikuti. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar