oleh

Sudah Tidak Layak Digunakan, Masyarakat Lembang Pa’tengko Swadaya Bangun Kantor Lembang Baru

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE  — Sikap Masyarakat Lembang Pa’tengko Kecamatan Mengkendek bisa menjadi contoh bagi kita semua, tidak selalu menunggu bantuan Pemerintah, tapi bahu membahu melalui swadaya untuk pembangunan didalam wilayahnya.

Melalui program swadaya, masyarakat Lembang Pa’tengko akhirnya bisa bangun gedung Kantor Lembang baru untuk menggantikan Gedung Kantor Lembang yang lama yang sudah tidak layak.

Tidak hanya swadaya untuk biaya pembangunan, masyarakat Lembang Pa’tengko juga secara bersama-sama terlibat dalam proses pembangunan seperti yang terpantau Senin 29 Maret 2021, dimana ratusan masyarakat sedang bergotong royong melaksanakan pengecoran bangunan Kantor Lembang Pa’tengko.

Ketua Pembangunan Kantor Lembang Pa’tengko, Martin Randa, SE, ME menyebut seluruh biaya pembangunan gedung Kantor Lembang Pa’tengko murni dari biaya swadaya.

Baca Juga  PPKM Mikro Kampung Tangguh Lembang Pa'tengko Dipuji Tim Penilai Mabes Polri

Donasi yang terkumpul dari masyarakat beragam, ada yang dalam bentuk tunai, material bangunan, dan ada juga dalam bentuk jasa transportasi untuk mobilisasi material.

Metode pengumpulan donasi kata Ketua panitia pembangunan dilakukanmelalui sosialisasi oleh Pemerintah Lembang Pemerintah dan Panitia Pembangunan kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan Kantor Lembang sebagai rumah bersama.

Martin Randa, SE, ME mengatakan inisiatif menggalang dana untuk pembangunan Kantor Lembang yang baru dikarenakan Kondisi bangunan lama yang sudah rusak dan sudah kurang layak sebagai sebuah Kantor di era kontemporer untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Dinding dan rangka atap Kantor Lembang Pa’tengko yang lama dari bahan kayu yang sudah mulai lapuk cukup membahayakan Kepala Lembang bersama Pegawai dan masyarakat jika terus digunakan sebagai tempat pelayanan.

Baca Juga  PPKM Mikro Kampung Tangguh Lembang Pa'tengko Dipuji Tim Penilai Mabes Polri

Kepala Lembang Pa’tengko Arianto Batara Banga padang SE menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh lapisan masyarakat yang terlibat dan mendukung baik secara moril maupun materil dalam kegiatan perencanaan dan pembangunan kantor Lembang Pa’tengko.

Arianto Batara Banga padang mengatakan ini adalah bagian dari Kearifan Lokal yang masih terus dijaga dan wajib kita pertahankan untuk generasi kedepan sebagai bagian terpenting didalam bermasyarakat.(*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Admin

Komentar

Berita Lainnya