Melalui Dana Aspirasi, JRM dan Dinas Perindustrian Sulsel Gelar Pelatihan Sablon di Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tana Toraja menggelar pelatihan industri kreatif printing, 27 – 29 November 2023 di Aula Pantan Toraja Hotel, Makale.

Kegiatan ini merupakan realisasi dari dana aspirasi anggota DPRD Provinsi Sulsel dari  Partai Golkar, John Rende Mangontan (JRM).

Dalam kegiatan tersebut para peserta diberikan pelatihan tentang teknik desain, pengenalan alat, pemilihan bahan dan juga langsung dipraktekkan cara mengoperasikan alat digital printing dan sablon.

John Rende Mangontan pada acara penutupan kegiatan, Rabu, 29 November 2023 mengatakan kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk memperluas lapangan kerja untuk anak muda Toraja.

“Kita tahu bersama bahwa di Toraja ini masih kurang lapangan kerja, sehingga dengan kegiatan seperti ini bisa menciptakan kreativitas kreativitas anak muda sehingga mampu membuka lapangan kerja sendiri,” jelas politisi yang biasa disapa JRM tersebut.

Baca Juga  Kecamatan Kesu’ dan Balusu Juara Lomba Penyuluhan dan Administrasi Posyandu

JRM mengatakan para peserta ini tidak hanya dibekali pelatihan dan praktek namun juga akan langsung diberikan mesin cetaknya, diuruskan administrasi dan izin usahanya dan dibantu modal usaha agar bisa langsung bisa dijalankan sendiri.

“Percuma pelatihan kalau tidak dibantu dengan mesin cetaknya dan fasilitas lain karena nanti pasti akan berhenti ditengah jalan, sehingga harus didampingi sampai betul-betul mandiri,” tambah JRM.

Politisi Partai Golkar ini berharap, kedepan, soufenir-soufenir khas Toraja, banner, spanduk, stiker dan sebagainya yang selama ini banyak dibuat diluar Toraja akhirnya bisa dibuat oleh anak Toraja sendiri yang tentu mendorong perputaran ekonomi dalam daerah.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan bernama Alfri mengaku sangat senang dan bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini.

Baca Juga  Waspadai Penipuan dengan Modus Kloning WA dan Facebook yang Mengatasnamakan Legislator Provinsi, John Rende Mangontan

Alfri mengaku banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dari pelatihan ini.

Alfri mengaku dengan adanya pelatihan ini, dirinya yang selama ini tidak tahu mau kerja apa akhirnya punya peluang usaha baru dengan pelatihan dan bantuan alat usaha sablon ini.

Peserta pelatihan ini nantinya akan dibagi kedalam tiga kelompok usaha, ketiga kelompok usaha ini nantinya masing-masing mendapatkan satu set alat sablon dan mesin printing. (*)

Penulis: Siska Papalangi’
Editor: Arthur

Komentar