oleh

Usai Resmikan Tongkonan KKT Sulut, Walikota Manado Berkunjung ke Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Walikota Manado, Sulawesi Utara, Dr. GS Vicky Lumentut berkunjung ke Toraja Utara dan Tana Toraja, Senin, 12 April 2021.

Sehari sebelumnya, Minggu, 11 April 2021, Dr. GS Vicky Lumentut juga menghadiri perayaan Paskah sekaligus meresmikan Tongkonan yang dibangun Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) Sulawesi Utara di Ring Road Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya saat berkunjung ke Toraja Utara, Vicky Lumentut menyebut lebih dari 15.000 jiwa penduduk dari Toraja yang ada di manado yang tersebar di 87 kelurahan dan 11 kecamatan. “Dan di sana mereka membentuk komunitas yang dinamakan Kerukunan Keluarga Toraja (KKT),” kata Vicky.

Dia mengatakan, masyarakat Toraja di Manado diberikan ruang yang sama tanpa perbedaan sama sekali. “Selain dari segi agama, kami mendekatkan juga melalui budaya. Kami membangun taman budaya dimana di dalamnya di bangun rumah adat Toraja yang di kenal dengan Tongkonan,” urai Vicky.

Tongkonan yang dibangun KKT Sulut ini, kata Vicky, merupakan yang pertama di Sulawesi Utara. “Secara pribadi, saya merasa menjadi bagian dari KKT dan puji syukur mereka menerima saya menjadi anggota kehormatan,” ujarnya.

Dia menyebut, pemerintah Kota Manado membangun 2 hal baik dengan masyarakat Toraja, yaitu merawat kerukunan yang telah terjalin, serta menjalin kerja sama dalam hal pariwisata. “Karena Manado adalah jasa pariwisata yang mengandalkan Taman Laut Bunaken sebagai agro wisatanya. Mari kita saling mempromosikan, karena kita, Manado dan Toraja  telah menjadi saudara,” kata Vicky.

Plh Bupati Toraja Utara, Rede Roni Bare, didampingi Wakil Bupati Toraja Utara terpilih, Frederik Victor Palimbong, dan Ketua BPS Gereja Toraja, Pdt Musa Salusu berfoto bersama Walikota Manado, GS Vicky Lumentut saat berkunjung ke Toraja Utara.

Di Toraja Utara, Walikota Manado dan rombongan diterima Plh Bupati Toraja Utara, Rede Roni Bare, didampingi Wakil Bupati Toraja Utara terpilih, Frederik Victor Palimbong, dan Ketua BPS Gereja Toraja, Pdt Musa Salusu.

Selain ke Toraja Utara, Walikota Manado dan rombongan juga mengunjungi Kabupaten Tana Toraja dan diterima Bupati Theofilus Allorerung di rumah jabatan bupati. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya