Lagi, Warga Sipil Asal Toraja Dibunuh OTK di Yahukimo, Papua Pegunungan

KAREBA-TORAJA.COM, JAYAPURA — Seorang warga sipil asal Toraja, Natan (40) ditemukan tewas dengan luka bacokan pada bagian leher belakang di lokasi pengambilan material, Jalan Halabok, Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Selasa, 5 Desember 2023.

Natan yang merupakan anggota keluarga Kesu’ diduga dibunuh oleh orang tak dikenal (OTK). Jenazah Natan ditemukan sejumlah rekannya sesama pengambil material timbunan sekitar pukul 13.30 Wita.

Sejauh ini, aparat kepolisian belum menemukan atau menangkap pelakunya.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, dalam siaran pers, Rabu, 6 Desember 2023 mengatakan berdasarkan keterangan para saksi yang diperoleh, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 13.30 WIT. Dimana para saksi yang saat itu sedang mengambil timbunan melaporkan bahwa korban ditemukan tewas dengan luka sabetan senjata tajam di bagian leher bagian belakang. Selanjutnya para saksi kemudian membawa korban ke RSUD Dekai.

Baca Juga  Polisi Tetapkan Suami Sebagai Tersangka Pembunuhan Pensiunan Guru di Rantetayo

“Usai mendapati laporan dari masyarakat, personel Satuan Reserse Polres Yahukimo yang dipimpin Kasat Reskrim, Ipda Tantu Usman, langsung merespons dengan mengecek kondisi korban di RSUD Dekai,” terang Kombes Benny.

“Selain keterangan, beberapa barang bukti berupa pakaian dan sweter diamankan oleh Sat Reskrim Polres Yahukimo untuk proses penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya lebih lanjut.

Benny menambahkan, saat ini personel Sat Reskrim  dibantu Tim Satgas Tindak Operasi Damai Cartenz dan Tim Satgas Lidik ODC-2023 melakukan penyisiran di sekitar TKP untuk mencari jejak para pelaku.

Jenazah Tiba di Jayapura

Sementara itu, pada Rabu, 6 Desember 2023 siang, jenazah Natan yang diterbangkan dari Yahukimo, tiba di Jayapura. Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua, Edy Rantetasak beserta beberapa warga Toraja dan kerabat korban menjemput jenazah di bandara.

Baca Juga  Jenazah 2 Guru Korban Penembakan KKB Papua Disambut Isak Tangis Keluarga di Toraja

Usai dari bandara, jenazah Natan dibawa dan semayamkan di rumah salah satu kerabatnya di Entrop, Jayapura. Malam ini, warga Toraja di Jayapura menggelar ibadah penghiburan.

Informasi yang diperoleh KAREBA TORAJA, menyebutkan bahwa jenazah Natan rencananya akan diterbangkan ke Makassar untuk selanjutnya ke Toraja pada Kamis, 7 Desember 2023. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar