oleh

Kondisi Remaja yang Kulitnya Melepuh Pasca Vaksinasi di Makale, Membaik dan Diperbolehkan Pulang dari RS

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kondisi Salsabilah, 14 tahun, remaja yang kulitnya melepuh pasca vaksinasi Covid-19 di Tana Toraja, berangsur membaik setelah menjalani perawatan selama 5 hari dirawat di RS Elim Rantepao dan ditangani oleh dokter ahli kulit.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Nasdem Tana Toraja, yang juga Wakil Ketua DPRD Tana Toraja, Evivana Rombedatu, kepada wartawan, Rabu, 17 November 2021, saat menjemput Salsabilah untuk kembali ke rumah.

Evivana mengatakan hari ini kondisi Salsabilah sudah mulai membaik, perkembangan perawatannya juga sangat baik, sehingga sudah bisa kembali ke rumah.

“Ini mujizat dari Tuhan, Salsabilah sudah mulai jalan sendiri, luka-luka melepuh di sekujur tubuhnya sudah mulai sembuh, sudah bisa makan dan mandi sendiri,” terang Evivana.

Baca Juga  Update: Perubahan Jadwal Vaksinasi di Art Centre Rantepao yang Berhadiah Sembako

Evivana mengatakan kondisi Salsabilah saat ini sangat jauh berbeda dengan saat baru dirujuk ke rumah sakit.

“Kita merasa bahagia atas kesembuhan Salsabilah namun kita juga prihatin dengan pemerintah terkait yang tidak melakukan langkah cepat, karena seandainya lebih cepat diurus pasti Salsabilah juga lebih cepat mendapatkan perawatan dan lebih cepat sembuhnya,” sesal Evivana.

Evivana mengatakan, kondisi yang dialami Salsabilah mesti menjadi pelajaran semua pihak. Pemerintah hingga tingkat RT dan Lingkungan harus lebih peka dan pro aktif memantau masyarakatnya terutama yang sudah selesai vaksinasi.

“RT dan Kepala Lingkungan harus rutin mendata masyarakat agar tidak ada masyarakat yang luput dari pantauan terutama yang selesai vaksinasi untuk memastikan tidak ada masyarakat yang mengalami kondisi ikutan pasca vaksinasi (KIPI),” tegas politisi Partai Nasdem ini.

Baca Juga  Pelaku Begal Terhadap Seorang Gadis di Pala’-Pala’ Divonis 8 Tahun Penjara

Dokter Evangelina  L.G, sp.DV (dokter ahli kulit yang menangani Salsabilah) mengatakan, kondisi Salsabilah menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan sehingga sudah boleh pulang dan melanjutkan pemulihan di rumah. Pengobatan selanjutnya bisa dilakukan di Poliklinik Kulit dan Kelamin RS Elim Rantepao.

DIPERBOLEHKAN PULANG: Salsabilah, remaja 14 tahun yang kulitnya melepuh pasca vaksinasi Covid-19 diperbolehkan pulang setelah menjalani perawatan di RS Elim Rantepao. Salsabilah dijemput Ketua dan Pengurus DPD Partai Nasdem Tana Toraja.

Salsabilah dirujuk oleh DPD Nasdem Tana Toraja ke rumah sakit dan ditangani dokter ahli kulit sejak Sabtu, 13 November 2021. Kondisi yang dialami Salsabilah ini terjadi 3 hari sejak menjalani vaksinasi Covid-19 pada16 Oktober 2021 lalu di SMPN 1 Tana Toraja.

Baca Juga  Cafe Dengan Konsep Live Musik Kini Hadir di Tengah Kota Makale

Salsabilah sempat dirawat di rumah sakit Sinar Kasih Makale selama 3 Minggu namun tidak menunjukkan tanda-tanda membaik sehingga keluarga memutuskan untuk merawatnya di rumah karena tidak memiliki kemampuan untuk merujuknya ke Makassar.

Saat dirawat dirumah itulah, DPD Nasdem Tana Toraja mendapatkan informasi tentang kondisi Salsabilah dan berinisiatif untuk mengurus perawatan Salsabilah ke dokter ahli kulit. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya