oleh

Ikut Rakernas yang Dibuka Presiden Jokowi, Ketua HIPMI Papua: Mari Berinovasi untuk Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kempinski Hotel Jakarta, 5-7 Maret 2021.

Rakernas yang mengangkat tema “Berinovasi Bangkitkan Ekonomi” ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan enam Menteri Kabinet.

Para menteri yang hadir, diantaranya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono.

Ketua HIPMI Papua, Atto Sampe Buntu, yang menjadi salah satu peserta Rakernas mengatakan tujuan Rakernas ini adalah untuk mendorong perekonomian di tengah pandemi Covid-19 dan berinovasi bangkitkan ekonomi.

Baca Juga  Catat Sejarah, Pertama Kali Putra Toraja Jadi Ketua HIPMI Papua

Menurut Atto, yang merupakan pengusaha muda asal Toraja ini, tantangan yang dihadapi oleh pengusaha dan dunia usaha dalam satu tahun terakhir ini tidaklah mudah. Tidak hanya pengusaha, seluruh rakyat Indonesia bahkan seluruh warga dunia juga harus menghadapi krisis kesehatan sekaligus krisis ekonomi yang berat.

“Hal ini juga disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi saat meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) tahun 2021. Tapi Bapak Presiden yakin bahwa bagi kader HIPMI tidak ada kata menyerah dan tidak ada istilah patah semangat dalam menghadapi situasi tersebut,” ungkap Atto dalam wawancara telepon dengan kareba-toraja.com, Rabu, 10 Maret 2021.

Baca Juga  Catat Sejarah, Pertama Kali Putra Toraja Jadi Ketua HIPMI Papua

Menurut Atto, kesempatan berusaha akan sangat berkembang luas seiring dengan upaya pemerintah untuk terus mengendalikan pandemi Covid-19. Investasi akan terus berkembang pesat dengan alternatif pembiayaan yang semakin luas.

“Maka itu, HIPMI, terutama HIPMI Papua akan meningkatkan program pelatihan kewirausahaan dan persiapan perkaderan pemimpin masa depan untuk meningkatkan jumlah serta kapasitas pengusaha nasional dan pemimpin muda. Kita dorong kader terbaik untuk kontribusi kepada bangsa dan negara,” tegas Atto.

Pengusaha yang terpilih menjadi Ketua HIPMI Papua dalam usia yang masih sangat muda ini juga mengingatkan bahwa salah satu pesan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam Rakernas adalah mencintai produk Indonesia. “Nah, ini akan kita gaungkan ke seluruh Indonesia sehingga hal ini bisa membantu perekonomian Indonesia keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Baca Juga  Catat Sejarah, Pertama Kali Putra Toraja Jadi Ketua HIPMI Papua

Selain itu, lanjut Atto, HIPMI juga mendorong kolaborasi antara usaha besar dan usaha kecil, antara BUMN dengan swasta, antara pengusaha asing dengan pengusaha lokal. Dengan ini diharapkan pertumbuhan yang tercipta adalah pertumbuhan yang inklusif, pertumbuhan yang berkeadilan sosial.

“Mendorong inovasi dan penerapan teknologi dalam usaha terutama pada usaha yang dikelola oleh anggota HIPMI. Program ini dilakukan dengan mendorong kolaborasi bersama pemerintah, lembaga pendidikan dan lembaga pembiayaan,” terangnya. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya