oleh

Usai Ikuti Webinar dengan Topik Stop Bunuh Diri, Siswa SMKN 4 Tana Toraja Gelar Kampanye

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Sebanyak 16 siswa-siswi SMK Negeri 4 Tana Toraja mengikuti webinar dengan tema Stop Bunuh Diri di Toraja, yang digelar PDkT Toraja Utara, Sabtu, 6 Maret 2021.

Webinar yang berlangsung melalui zoom meeting ini merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan sekaligus mengajak seluruh generasi muda Toraja untuk tidak melakukan tindakan bunuh diri, seperti yang marak terjadi di Tana Toraja dan Toraja Utara selama tahun 2020 hingga 2021.

Hadir sebagai keynote speaker (pembicara utama) dari webinar ini, yakni dr. Zadrak Tombeg, Sp.A yang merupakan Wakil Bupati Tana Toraja. Zadrak yang berlatar belakang dokter itu, mengungkapkan bahwa webinar ini merupakan salah satu langkah preventif yang mampu memberikan pengetahuan dari berbagai lapisan masyarakat untuk senantiasa peka terhadap situasi orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga  Sepasang Muda-Mudi Ditemukan Meninggal dalam Posisi Tergantung di Jalan Serang Rantepao

“Diupayakan agar setelah webinar ini kita mampu mengidentifikasi fenomena-fenomena yang terjadi, khususnya di kalangan anak muda sehingga kita sebagai masyarakat dapat mencegah jika ada potensi aksi yang mungkin terjadi,” ujar dr Zadrak.

Narasumber lainnya, Dr. dr. Hervita Diatri, Sp.KJ (K), dokter konsultan Divisi Psikiatri Komunitas di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, membawakan materi yang berjudul Kenali, Peduli, Terapi dan Integrasi Manajemen Risiko Bunuh Diri di Toraja.

Sementara pembicara kedua, yaitu Pdt. Dr. Christian Tanduklangi’, M.Th, yang merupakan seorang pendeta dan akademisi di IAKN Toraja, membawakan materi Bunuh Diri Dalam Perspektif Akitab dan Ketorajaan.

Melalui materi ini peserta dari kalangan siswa-siswi SMK Negeri 4 Tana Toraja mendapatkan wawasan yang baru mengenai bahaya bunuh diri dan bagaimana mencitai diri mereka sendiri sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga  Lelaki 62 Tahun Ditemukan Meninggal dalam Posisi Tergantung di Kantor Lembang Tandung La’bo’

Setelah kegiatan webinar yang dilakukan secara daring ini selesai, siswa-siswi SMK Negeri 4 Tana Toraja melakukan aksi kampanye untuk menolak keras aksi bunuh diri yang diharapkan tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

“Kita sebagai generasi muda harus bisa menjadi teladan bagi sekitar kita dan bahkan harus terlibat dalam menghindari aksi bunuh diri yang telah terjadi,” tegas Haikal Kurniawan, Ketua OSIS SMK Negeri 4 Tana Toraja. (*)

Citizen Reporter: Michelin Sallata
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya