oleh

Foto Berjudul “Ma’Peliang” Ini Jadi Pemenang Lomba Foto Magical Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Foto berjudul “Ma’Peliang” karya fotografer Abun Pasanggang keluar sebagai pemenang lomba foto Magical Toraja, yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) tahun 2022.

Foto upacara Ma’nene di Lo’ko Mata ini, menurut penilaian dewan juri menggambarkan tradisi dari sekian banyak upacara adat yang ada di Toraja. Dewan juri berpendapat, gambaran peristiwa tertangkap dalam foto ini begitu nyata dan natural serta pilihan komposisi unik menjadikan foto ini begitu kuat menyajikan imaji tradisi Toraja yang sakral nan magis.

Di posisi kedua, dewan juri menjatuhkan pilihan pada foto berjudul Rambu Solo’-Ma’badong karya fotografer Hendri William.

Dewan juri berpendapat, foto karya Henri Wiliam ini menggambarkan situasi dimana pada saat Ma’Badong, terlihat begitu menyatu antara komposisi peristiwa dan landscape arsitektur Tongkonan sebagai background, terlihat rapi, natural, dan jujur.

Baca Juga  Pembantaian Warga Sipil di Poso Berulang, PMTI Minta Negara Bertindak Tegas

Kemudian di posisi ketiga, ada foto karya fotografer Ivan Roma Manukrante berjudul “Pematung”.

Foto milik Ivan ini menurut dewan juri, berhasil menangkap imaji seorang pemahat tau-tau yang menjadi bagian penting dari tradisi Rambu Solo’ di Toraja. Dengan pendekatan human interest, foto ini menghadirkan Toraja dari sisi lain, pelestari, pemahat, yang layak di apresiasi melalui karya karya fotografi.

Sedangkan di kategori lomba Vlog, Iskandar Andi Patau keluar sebagai pemenang.

Lomba foto dan Vlog, menurut Ketua Panitia Magical Toraja, Belo Tarran, merupakan salah satu rangkaian dari sekian banyak kegiatan yang diselenggarakan dalam tema besar “Magical Toraja” yang diinisiasi PMTI.

Menurut Belo, pada event kali ini ada 73 buah foto yang masuk ke meja panitia, yang dikirim oleh 11 fotografer. Foto-foto ini kemudian dinilai oleh Dewan Juri dan ditentukan pemenangnya.

Baca Juga  Ketua Umum PMTI Beri Support untuk Federasi Panjat Tebing Tana Toraja

“Kalau Vlog ada 6 yang masuk dan pemenangnya Pak Iskandar Andi Patau,” terang Belo. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar