Jelang Toraja Carnaval, Panitia Gelar Workshop Fashion Desainer, Hadirkan Pemateri Nasional

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Salah item kegiatan dalam gelaran Toraja Carnaval session 2, yang dijadwalkan berlangsung di eks Bandara Rantetayo, 6-8 Juli 2023, adalah Festival Desain Busana Toraja dan Fashion Show.

Untuk mempermantap persiapan dalam rangka gelaran event Toraja Carnaval 2023 tersebut, Panitia Bidang Fashion Show menggelar Workshop Fashion Desain dengan mendatang pembicara nasional, Itja Ahmad, di Makale, Tana Toraja, Sabtu, 27 Mei 2023.

Itja Ahmad adalah Fashion Consultant nasional yang juga Ketua Asosisasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sulawesi Selatan.

Workshop itu diikuti oleh sejumlah desainer Toraja juga pelaku usaha fashion Toraja. Para peserta ini diharapkan akan ikut ambil bagian dalam gelaran Festival Desain Busana Toraja dan Fashion Show, Toraja Carnaval 2023.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Support Atlet 12 Cabang Olahraga Berlaga di Porprov Sulsel 2022

Penggagas event Toraja Carnaval, yang juga anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, John Rende Mangontan, dalam arahannya kepada para peserta workshop, mengatakan kegiatan ini merupakan penunjang acara Festival Desainer dan Fashion Show Toraja Carnaval 2023.

“Saya berharap TC di semua bidang yang dilaksanan merupakan manifestasi untuk mempromosikan Pariwisata Toraja ke masyarakat tingkat regional, nasional, maupun internasional,” ujar JRM, sapaan akrab John Rende Mangontan.

Menurut JRM, Festival Fashion Desainer bukan sekedar bagus dan mahalnya rancangan peserta, tapi makna filosopi dari kearifan lokal Toraja yang ditampilkan.

“Di Festival Fashion Desain akan muncul dan menghasilkan ide-ide dan gagasan serta menjadi role model untuk menyatakan bahwa kain Toraja, tidak hanya untuk acara tertentu, tapi fleksibel untuk berbagai macam acara,” dia berharap.

Baca Juga  Pemuda Adat Simbuang Gelar Silaturahmi Menyambung Tali Sejarah dengan Sawitto, Pinrang

Sementara itu, Ketua Asosisasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sulawesi Selatan, Itja Ahmad, menyatakan perancang adalah  pekerjaan  yang mewujudkan mimpi.

“Dalam mendesain harus punya konsep. Konsep merupakan mantra dari sebuah baju dan berlaku untuk setiap rancangan,” kata Itja.

Selain konsep, juga mesti memiliki tema, sumbe ide, target pasar, dan synopsis produk.

“Perancang yang mempunyai visi dan imajinasi akan selalu bertahan di pasar,” katanya.

Koordinator Bidang Acara Toraja Carnaval 2023, Ellyana, menginformasikan bahwa kriteria Lomba Fashion Desainer Toraja Carnaval 2023, diantaranya:

  1. Kategori Lomba; Busana Casual dan Busana Pesta
  2. Komposisi Material 60% Wastra dan 40% tekstile
  3. Hasil Desain milik Toraja Carnaval
  4. Waktu pengumpulan Gambar desain sampai 25 Juni 2023
  5. Kriteria model yg digunakan; Tinggi Badan Pria Min. 170cm, Tinggi Badan Wanita 160cm.
  6. Desainer menyiapkan Model dan Makeup Model Sendiri.
  7. Perancang bisa mengikuti 2 kategori, namun hanya 1 rancangan.
Baca Juga  Media Turut Menentukan Sukses Tidaknya Pemilu 2024

Panitia menyiapkan total hadiah belasan juta rupiah untuk festival Desainer dan Fashion Show tersebut. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar