oleh

Dipantau Langsung Kemendagri, Begini Hasil Pilkalem Saluallo

KAREBA-TORAJA.COM, SANGALLA’ — Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Yusharto Huntoyungo, memantau langsung proses pemilihan Kepala Lembang di Saluallo, Kecamatan Sangalla’ Utara, Tana Toraja, Senin, 1 November 2021.

Yusharto memantau pelaksanaan Pilkalem di Saluallo secara langsung (live) melalui aplikasi Zoom. Selain memantau, Yusharto juga melakukan zoom meeting dengan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi dan sejumlah unsur Forkopimda lainnya.

Pada kesempatan zoom meeting tersebut, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung melaporkan bahwa pelaksanaan Pilkalem serentak di Tana Toraja berlangsung di 48 Lembang dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Theofilus juga melaporkan bahwa dari 48 Lembang yang menggelar Pilkalem, hanya satu lembang yang terdapat kasus Covid-19. “Sementara soal vaksinasi, sudah 60% dosis pertama dan 50% dosis kedua,” jelas Theofilus.

Baca Juga  Pilkalem di Toraja Utara Kembali Gunakan Kertas Suara, Alat e-Voting Bernilai Miliaran Mubazir?

Pemilihan Kepala Lembang Saluallo diikuti oleh tiga calon, berlangsung di tiga tempat pemungutan suara (TPS). Pemisahan TPS ini dimaksudkan agar warga tidak berkerumun demi menjaga protokol kesehatan Covid-19.

Hasil pemilihan, incumbent Ibrahim Ada’, yang merupakan calon nomor urut 2, masih terlalu tangguh bagi dua rivalnya. Ibrahim menang dengan perbedaan suara yang cukup mencolok. Dia memperoleh 831 suara. Sedangkan pesaing terdekat, yakni calon nomor urut 3, Januarius Ada’ Sura’ hanya mendapat 217 suara dan calon nomor urut 1, Marinus Ada’ memperoleh 36 suara.

Dengan begitu, Ibrahim Ada’ akan kembali memimpin masyarakat Lembang Saluallo enam tahun ke depan di periode keduanya. (*)

Baca Juga  Ini Hasil Sementara Pemilihan Kepala Lembang di Tana Toraja Hingga Senin Malam

Citizen Reporter: Paul Tandiayu
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya