“Dinginnya Toraja” Trending Topik di Media Sosial, Begini Penjelasan BMKG

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Dalam dua hari terakhir sejak kamis sampai jum’at, 20 – 21 Juni 2024, cuaca di Toraja baik Tana Toraja maupun Toraja Utara terasa lebih dingin dari hari-hari biasa terutama di pagi hari.

Di Kota Makale, bahkan suhu udara mencapai 16 derajat celcius pada pukul 07.00 wita pagi yang pada hari-hari biasa berkisar antara 19-24 derajat Celcius.

Suhu udara yang dingin ini juga diikuti dengan munculnya kabut tebal yang terlihat hingga pukul 08.00 wita pagi, kabut tebal seperti ini jarang ditemui di Kota Makale pada jam 07.00 wita keatas pada hari -hari biasa.

Di media sosial, sejumlah warganet Toraja juga menulis status dan komentar tentang cuaca Toraja yang lebih dingin dari hari biasanya.

Baca Juga  Disebut Persulit Pencairan Simpanan Nasabah, KSP Balo’ta: Mereka Masih Berperkara

Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Toraja Herniella memberikan penjelasan terkait fenomena cuaca Toraja dalam dua hari terakhir yang lebih dingin dari biasanya.

Herniella mengatakan berdasarkan observasi Stasiun Metorologi Toraja, dua hari terakhir jumlah awan yang menutupi langit lebih sedikit pada malam hari yang menyebabkan wilayah Toraja mengalami penurunan suhu, hal ini dikarenakan radiasi termal akan dilepaskan pada malam hari ke atmosfer tanpa ada halangan dari awan.

Herniella mengatakan, kondisi ini diperkuat dengan kondisi musim yang sedang berlangsung di Toraja berdasarkan analisis curah hujan dasarian.

“Wilayah Toraja mulai memasuki awal musim kemarau pada awal bulan Juni yang menandakan pertumbuhan awan yang relatif sedikit” urai Herniella.

Baca Juga  Perseteruan Berlanjut, Warga Lapor Balik Bupati Toraja Utara ke Polisi

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Artur

Komentar