Tiga Figur Ini Disebut-sebut Bakal Calon Bupati Toraja Utara di Pilkada 2024

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Hiruk pikuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) sudah mulai mereda, meski masih sayup-sayup terkait dugaan kecurangan dan lain sebagainya. Kini, sebagian masyarakat mulai mengalihkan perhatian ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, yang bakal digelar bulan November 2024 mendatang.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Pelaksanaan Pemungutan Suara Serentak Nasional dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pemungutan suara Pilkada yang dilaksanakan tanggal 27 November 2024.

Dari sekian banyak daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2024 itu, terdapat dua kabupaten di Toraja, yakni Toraja Utara dan Tana Toraja.

Di Tana Toraja, ada tiga tokoh yang disebut-sebut bakal maju menjadi Calon Bupati pada Pilkada 2024. Ketiganya, masing-masing Zadrak Tombeq (petahana Wakil Bupati), Victor Datuan Batara (mantan Wabup/Ketua DPD II Partai Golkar), dan John Rende Mangontan (anggota Fraksi Golkar DPRD Provinsi Sulsel).

Baca Juga  Catat ya, Awal Juli Nanti Group Band KOTAK Bakal Manggung di Toraja

Sedangkan di Toraja Utara, yang merupakan Kabupaten termuda di Sulawesi Selatan, berdasarkan data dan informasi, maupun konfirmasi yang diperoleh KAREBA TORAJA, terdapat tiga nama yang paling menonjol dan dijagokan bakal maju di Pilkada 2024.

Pada beberapa kesempatan, ketiga orang ini juga sudah menyatakan siap maju menjadi Calon Bupati Toraja Utara.

Ketiganya adalah Yohanis Bassang (petahana), Dating Palembangan (Sekjen PMTI), dan Roberto Blasius Sangka yang akrab dengan nama Bobby Sangka (pengusaha IT).

Kepada wartawan usai menghadiri pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Toraja Utara di Hotel Misiliana, Kamis, 29 Februari 2024, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menegaskan dirinya siap mencalonkan diri kembali di Pilkada Toraja Utara tahun 2024.

Pernyataan ini sudah berulang kali disampaikan Yohanis Bassang, yang akrab disapa “Ombas” itu. Apalagi hasil Pemilu Legislatif, yang menempatkan Partai Golkar sebagai pemenanga Pemilu di Toraja Utara dengan raihan 7 kursi. Dengan jumlah kursi ini, Partai Golkar bisa mengusung sendiri pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Baca Juga  Lagi, Anggota DPR RI, Eva Rataba Bagikan Beasiswa KIP Kuliah kepada Mahasiswa di Toraja

Ombas atau Yohanis Bassang merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Toraja Utara, menggantikan Frederik Victor Palimbong yang kemudian banting setir ke Partai Gerindra.

Melihat hasil Pileg, lawan-lawan Ombas mesti bekerja ekstra untuk mengalahkan incumbent ini. Sebagai ukuran, pada Pemilu Legislatif, 14 Februari 2024 yang lalu, Ombas memajukan istrinya Agustina Mangande dan dua putranya,  Fhireno Sakti Bassang, dan Fhirebert Utama Bassang. Agustina untuk DPR RI, Fhireno untuk DPRD Provinsi, dan Fhirebert untuk DPRD Kabupaten. Dua anaknya sudah pasti lolos ke kursi DPRD Provinsi dan Kabupaten. Sedangkan istrinya, Agustina Mangande, masih menunggu perhitungan akhir dari KPU. Namun, berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Toraja Utara, Agustina Mangande meraih suara hampir 36 ribu di Toraja Utara.

Jika menggunakan ukuran itu, dengan total partisipasi pemilih 139.386 orang, Ombas tinggal butuh tambahan sedikit suara untuk memenangkan Pilkada Toraja Utara 2024. Itu, jika konstalasi politiknya tidak berubah drastis.

Dating Palembangan, sudah beberapa bulan terakhir melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Di Pilpres, Dating paling banyak berkumpul di kubu Prabowo-Gibran. Dengan posisinya sebagai Sekjen PMTI, yang banyak pengurusnya condong ke pasangan nomor urut 2 itu, Dating memperlihatkan hasil kerjanya dengan kemenangan telak Prabowo-Gibran di Toraja Utara.

Baca Juga  Buka THF 2023, 1000 Anak PAUD Akan Menari Massal di Lapangan Kodim Rantepao

Dating juga populer dengan sebutan “Dating Datang” melalui mobil ambulance gratis dan beberapa sarana sosialisasi lainnya.

Kepada KAREBA TORAJA, dalam beberapa kesempatan, suami dari Ketua KIPRA Toraja Utara, Rosmita Pakondo ini menyatakan serius maju bertarung di Pilkada Toraja Utara 2024. Bahkan, dia pernah mengeluarkan statemen yang sangat mengejutkan banyak pihak dengan mengatakan Dating Datang melawan kotak kosong.

Bobby Sangka adalah cucu dari salah satu martir gereja Toraja, Pdt. Pieter Sangka’ Palisungan. Dia merupakan pengusaha nasional di bidang Informasi Teknologi di bawah bendera PT. Metrocom Global Solusi (MGS) yang didirikannya bersama beberapa teman. Saat ini dia merupakan President Director PT Metrocom Global Solusi.

Dalam beberapa kali wawancara dengan KAREBA TORAJA, Bobby menyatakan serius untuk maju di Pilkada. Bahkan, sebagai bentuk keseriusannya, Bobby juga sudah mendaftar dan diterima sebagai kader Partai PDI Perjuangan Toraja Utara.

Melihat gelagatnya yang menjadi salah satu TPN Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024, Bobby kelihatannya mengincar PDI Perjuangan sebagai kendaraan politiknya. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar