oleh

Pemkab Toraja Utara Akan Bangun Pastori Utuh untuk Gereja-gereja

KAREBA-TORAJA.COM, BUNTU PEPASAN — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara akan memberikan bantuan sosial kepada rumah-rumah ibadah di wilayahnya. Namun bantuan itu akan diberikan dalam bentuk bangunan yang sudah jadi; yang biaya pembangunannya 100 persen dari pemerintah.

Hal ini diungkapkan Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, saat menghadiri ibadah pengurapan Pdt Esron Mangita, S.Th di Jemaat Roroan, Klasis Parandangan, Kecamatan Buntu Pepasan, beberapa hari lalu.

Bupati mengatakan Klasis Parandangan adalah salah satu klasis yang akan dibangun pastorinya oleh pemerintah dengan pola membangun utuh secara fisik dan kemudian diserahkan kepada jemaat.

“Kita akan pake pola membangun fisik secara utuh pastori atau gereja setelah itu kita hibahkan kepada jemaat karena pembagunan fisik tanpa pembagunan iman tidak ada artinya. Jadi kita harus seimbangkan antara pembagunan iman dan pembagunan fisik, walaupun bagaimana baiknya pembangunan kalau tanpa didasari oleh pembagunan iman tidak ada artinya,” ujar OmBas, sapaan akrab Bupati Toraja Utara.

Baca Juga  SDN 3 Baruppu' Juara Turnamen Sepak Bola Bupati Toraja Utara Cup I

OmBas menyebut, bantuan sosial kepada rumah ibadah yang selama ini dilakukan dinilai kurang tepat sasaran. Karena pemerintah hanya memberi sedikit bantuan dan selebihnya jemaat atau umat yang menambahkan. Hal ini dinilai kurang efektif, sehingga pemerintahan OmBas-Dedy menempuh cara lain, yakni membangun utuh bangunannya kemudian diserahkan kepada jemaat, stasi, atau paroki setempat.

Selain menyebut soal bantuan fisik rumah ibadah, OmBas juga kembali mengingatkan masyarakat dan jemaat agar senantiasa menjaga kebersihan dan kerapihan di lingkungan masing-masing.

Dia juga menghimbau masyarakat agar mengikuti vaksinasi Covid-19 agar Toraja Utara segera mencapai herd immunity.

“Saya harapkan kepada lembang serta kepala dusun agar mengajak masyarakat agar setiap hari Jumat melaksanakan Jumat bersih dan juga saya harapkan kepada masyarakat yang belum divaksin agar segera di vaksinasi supaya kita cepat memutus mata rantai penularan covid-19 dan kita bisa kembali beraktifitas dan roda perekonomian di Toraja Utara bisa berjalan kembali,” katanya. (*)

Baca Juga  Duka Beruntun, Tongkonan Tempat Jenazah Pdt Uzuk Velykarta Disemayamkan, Terbakar

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya