oleh

FOTO: Karnaval Merdeka Toleransi Kantor Kementerian Agama Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Kementerian Agama Kabupaten Tana Toraja menggelar kegiatan Karnaval Merdeka Toleransi yang diikuti ribuan warga dari berbagai denominasi agama dan suku yang dipusatkan di Plaza Kolam Makale, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Karnaval Merdeka Toleransi diawali dengan Deklarasi Komitmen Penguatan Toleransi dan Kebangsaan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg diikuti oleh seluruh peserta karnaval.

Peserta Karnaval Merdeka Toleransi lalu dilepas oleh Wakil Bupati Tana Toraja dengan memgambil titik start di Plaza kolam Makale menuju pertigaan Gedung Perpustakaan ke arah Kantor KPU Tana Toraja dan kembali lagi ke Plaza Kolam Makale.

Ribuan peserta, mulai dari anak-anak hingga orang tua yang berasal dari berbagai organisasi, instansi, satuan pendidikan dan perwakilan dan tokoh agama ikut ambil bagian dengan menampilkan ragam busana dan pesan tolerasi melalui spanduk dan pataka.

Baca Juga  8 Calon Imam Katolik Keuskupan Agung Makassar Terima Jubah di Sangalla’, Tana Toraja

Acara diakhiri dengan pengundian doorprice dan penandatanganan bersama Naskah Deklarasi oleh seluruh peserta karnaval merdeka toleransi  diatas spanduk yang telah disiapkan.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Tana Toraja, Usman Senong mengatakan Karnaval Merdeka Toleransi yanh mengusung tema “Merdeka Dalam Keberagaman Toleran Dalam Perbedaan,” adalah bagian dari program pekan merdeka toleransi yang digagas oleh Kakanwil Kemenag Sulsel.

Kegiatan diawali dengan kemah toleransi yang digelar di Pakatto Kabupaten Gowa dimana Kontingen Tana Toraja berhasil keluar sebagai juara pertama pentas seni toleransi.

“Karnaval merdeka toleransi ini adalah lanjutan dari program Pekan Merdeka Toleransi yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Kabupaten Kota do Sulawesi Selatan hari ini,” kata Usman Senong.

Baca Juga  16 Terduga Pelaku Pencurian di Minimarket Sejahtera Mart Tandung DiamankanPolisi

Usman Senong mengurai tujuan dari kegiatan ini adalah bagian dari implementasi program moderasi beragama dan tahun toleransi 2022 yang merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama RI sekaligus dalam rangka mensyukuri dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Khusus untuk kita Tana Toraja, karnaval merdeka toleransi menhadirkan beragam kekayaan kearifan lokal dari setiap wilayah kecamatan di Tana Toraja,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tana Toraja,  Zadrak Tombeg dalam sambutannya mengatakan keanekaragaman dan perbedaan adalah kekuatan untuk melawan berbagai ancama dari luar dan dari dalam.

“Kebersamaan dan toleransi harus terus dijaga, tanamkan dalam hati dan sikap kita bagaimana menjadi orang yang merdeka bertoleransi,” tutup Zadrak Tombeq. (*)

Baca Juga  Pasien Covid-19 di Tana Toraja Meninggal Dunia Saat Isolasi Mandiri

Penulis/Foto: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar