oleh

Bupati Harapkan Kejaksaan Negeri Toraja Utara Segera Terbentuk

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Sejak berdiri sendiri menjadi daerah otonom tahun 2008, Kabupaten Toraja Utara belum memiliki Kejaksaan Negeri. Segala urusan yang terkait dengan tugas-tugas Kejaksaan masih ditangani Kejaksaan Negeri Tana Toraja.

Itu sebabnya, saat menerima kedatangan Tim Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang diwakili Biro Perencanaan, Kamis, 16 September 2021, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang sangat berharap Kejaksaan Agung segera mendirikan sekaligus meresmikan Kejaksaan Negeri di Toraja Utara.

“Pemerintah daerah sangat mendukung dan merindukan akan adanya Kejaksaan Negeri Toraja Utara, sehingga harapan kami proses ini berjalan dengan baik. Terima kasih pula atas dukungan dari Forkopimda yang turut mendukung terbentuknya Kajari Toraja Utara,” ujar Yohanis Bassang.

Baca Juga  Ini Pernyataan Sikap FKUB Toraja Utara Terkait Insiden Lelaki Gondrong yang Ancam Warga dengan Badik di Rantepao

Sebelumnya, pada awal Maret 2021 yang lalu, Bupati Toraja Utara kala itu, Kalatiku Paembonan sudah menyerahkan hibah tanah atau lokasi untuk pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri Toraja Utara. Lahan selusa 7.000 m² yang dihibahkan itu berlokasi di Pasang Lambe’ (Panga) Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara.

Sementara itu, Kepala Kejari Tana Toraja, Erianto P menuturkan bahwa tujuan kedatangan Tim Kejagung ini adalah untuk menganalisa dan berkomunikasi dengan pemerintah daerah serta Forkopimda tentang kelayakan Cabang Kejaksaan Negeri ditingkatkan menjadi Kejaksaan Negeri Toraja Utara.

“Mereka datang melihat langsung, menganalisa, dan menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah serta Forkopimda, apakah Cabang Kejaksaan Negeri Rantepao, layak atau tidak, ditingkatkan menjadi Kejaksaan Negeri Toraja Utara,” terang Erianto.

Baca Juga  Satpol PP Toraja Utara Mulai Kempeskan Ban Kendaraan yang Parkir di Trotoar

Sedangkan Tommy Kristanto, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Biro Perencanaan Kejaksaan Agung RI menuturkan bahwa hasil pertemuan ini akan diproses lebih lanjut.

“Kejaksaan juga ingin melayani masyarakat lebih dekat lagi. Kehadiran kami untuk memastikan kelayakan peningkatan status dari Kacabjari menjadi Kejari Toraja Utara. Dimana dokumen pengusulan sudah lengkap, dan sudah ada tanah hibah dari pemerintah daerah untuk pembangunan gedung Kajari nantinya,” terang Tommy. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya