oleh

Tuan Rumah Roadshow Celebes 2021, Komunitas Pa’sablon Toraya Antusias Ikuti Workshop Sablon

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Komunitas Pa’sablon Toraya merupakan komunitas penggiat seni cetak saring atau lebih dikenal dengan sablon yang berasal dari Tana Toraja dan Toraja Utara.

Kata Pa’sablon dipilih sebagai nama komunitas dikarenakan logat daerah yang kental, Pa’ atau pelaku dan sablon adalah bidang yang ditekuni. Komunitas Pa’sablon Toraya beranggotakan kurang lebih 20 workshop sablon yang tersebar di Tana Toraja dan Toraja Utara.

Selama ini para tukang sablon di Tana Toraja dan Toraja Utara belum memiliki suatu wadah atau kelompok yang mempersatukan sebagai tempat untuk berdiskusi atau berbagi banyak hal mengenai sablon sehingga dibentuklah Komunitas Pa’sablon Toraya yang belum lama terbentuk, bahkan belum cukup sebulan sebelum event RoadShow Celebes 2021 diselenggarakan.

9 Desember 2021 kemarin, Komunitas Pa’sablon Toraya mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih jauh tentang dunia sablon karena terpilih menjadi tuan rumah event Roadshow Celebes 2021.

Roadshow Celebes 2021 menjadi ajang bagi komunitas Pa’sablon Toraya untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dari para penggiat – penggiat sablon profesional seperti MSD Toko Sablon, 21 Screen Printing Makassar, Ultigluck, Lumbung Kaos, Mockerz, dll.

Vian selaku panitia penyelenggara mengatakan Pa’sablon Toraya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada semua pihak penyelenggara Roadshow Celebes 2021 karena tahun ini Toraja bisa menjadi salah satu daerah yang dikunjungi oleh Roadshow Celebes 2021.

“Selama kami hanya bisa melihat event-event yang diselenggarakan di daerah lain melalui youtube dan media sosial, namun sekarang bisa merasakan langsung menjadi tuan rumah,” kata Vian

Vian mengatakan beberapa materi dan praktek yang dilaksakana pada event ini yaitu Setting Simulated Proces, Print + RIP, Affdruk, Sablon dan Sharing Sesion yang dibawakan oleh Bang Kiky dari Ultigluck dan Bang Adi dari MSD Toko Sablon yang berlangsung selama satu hari penuh pada tanggal 9 Desember 2021 disalah satu workshop sablon di Pantan Makale.

Sementara itu, Multi selaku Ketua Panitia mengaku jika semua peserta mengkuti workshop dengan sangat antusias karena menjadi event sablon perdana di Toraja dan akan menjadi sejarah dalam dunia persablonan Toraja.

“Semoga event ini tidak hanya menjadi kenangan, namun menjadi batu loncatan untuk event-event selanjutnya dan Pa’Sablon Toraya bisa lebih kompak dan berkembang bersama,” Tutup Multi

Kegiatan ini disupport oleh beberapa Workshop, yakni Kompas ART sebagai Ketua Panitia , Waroeng Sablon Toraja selaku tuan rumah, Bulu Londong, Amelia ART, Five Her, Rakbisa, Bintoen Screen Printing, , Evan ART, CDS Sablon, Karina ART, Balian, A+ Toraja Clothing, Gubuk Screen Printing, A’rae Toraja, Violet Screen Printing, Panampa, Winner.

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar