oleh

Tiga Atlet Bela Diri Asal Toraja Lolos Seleksi PraPON 2023 Aceh

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Tiga atlet asal Tana Toraja dinyakan lolos seleksi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan dilaksanakan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam tahun 2024 mendatang.

Ketiga atlet itu telah menyelesaikan tahapan seleksi PraPON yang dilaksanakan oleh masing-masing Pengprov bekerjasama dengan KONI Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan di ajang tersebut.

Ketiga atlet tersebut, masing-masing Jurlin dari Cabang Olahraga Muay Tai, Andriano Delon Tando dari Cabang Olahraga Kick Boxing, dan Asprianti Amba Datu, juga dari Cabang Olahraga Kick Boxing Indonesia.

Pengurus Pasemba Toraya masih menunggu hasil seleksi PraPON untuk Cabang Olahraga Taekwondo. “Semoga ada juga atlet Taekwondo yang lolos,” harap Indra Batara, pengurus Pasemba Toraya, Minggu, 22 Januari 2023.

Baca Juga  Empat Pengrajin Kopi Asal Toraja dan Mamasa Masuk 15 Besar KKSI 2021

Menurut Indra, yang juga anggota Polri itu, perhelatan Porprov Sulsel 2022 telah berakhir dan selanjutnya akan masuk ke tahap seleksi PraPON tahun 2023 sebagai kelanjutan event Pekan Olahraga Nasional yang akan menjadi bukti keberhasilan pembinaan cabang olahrag sesuai tingkatan level Pekan Olahraga di Kabupaten dan Provinsi.

“Passemba Toraya yang menjadi Leader dari empat cabang beladiri diantaranya Taekwondo, Muay Thai, Yongmoodo, Kick Boxing Indonesia dengan sebuah ketulusan niat untuk memberdayakan atlet atlet asli untuk mewakili Propinsi Sulawesi Selatan akhirnya terwujud,” ujar Indra lebih lanjut.

Diuraikan, banyak atlet Toraja mewakili Provinsi lain di ajang PON atau event olahraga lainnya, itu mungkin karena faktor domisili dan factor-faktor lain. “Tapi sangat membanggakan jikalau binaan sendiri yang menjadi kontestan nantinya di event bergengsi PraPON, kita punya sumber daya, sayangnya fasilitas saja yang kurang tapi hal ini bukan mematikan semangat,” katanya.

Baca Juga  Dampak Perda Kelembagaan Baru, Istri Mantan Bupati Tana Toraja Non Job

“Kami mohon dukungannya untuk Cabor Muay Thai Indonesia dan Pengkab Kick Boxing Indonesia Tana Toraja akan membawa harapan dan menjadi spirit baru untuk kebangkitan olahraga di Bumi Lakipadada yang mana akan mengirim beberapa atletnya untuk menjadi wakil sulsel nantinya di PraPON Juni dan September mendatang,” pungkas Indra. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar