Tak Diterima Bupati, IPPEMSI Adukan Kondisi Simbuang-Mappak kepada Kepala Staf Kepresidenan RI

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Setelah sehari sebelumnya gagal bertemu dan berdialog dengan Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, kelompok mahasiswa Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Simbuang Mappak (IPPEMSI) Makassar mendapat kesempatan bertemu langsung dengan Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko usai memberikan Kuliah Umum di Kampus UKI Toraja, Makale, Selasa, 30 Mei 2023.

Saat bertemu mahasiswa, Moeldoko didampingi Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq dan Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi.

Kepada Kepala Staf Kepresidenan RI, mahasiswa IPPEMSI mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan di Kecamatan Simbuang dan Mappak, yang hingga saat ini masih rusak parah di beberapa titik.

Mahasiswa juga meminta agar pemerintah pusat melakukan intervensi pembangunan infrastruktur di dua kecamatan terpencil di Kabupaten Tana Toraja tersebut. Sebab, jika hanya berharap APBD Kabupaten dan Provinsi akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengatasi masalah infrastruktur di Kecamatan Simbuang dan Mappak.

Baca Juga  Selain Motor ATV, Desa Wisata Pa'tengko Akan Dilengkapi Wahana Kolam Renang

Menanggapi keluhan dan permintaan para mahasiswa ini, Moeldoko meminta Pemkab Tana Toraja segera menyusun proposal yang ditujukan ke Kantor Staf Kepresidenan untuk memohon anggaran pusat sesuai yang diatur dalam Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

“Nanti Pak Wabup dan Ketua DPRD, coba buat proposal dan analisa kebutuhannya, sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2023 dan diteruskan ke Kantor Staf Kepresidenan. Nanti kita coba lihat apa yang bisa dibantu,” kata Moeldoko.

Sebelumnya, pada Senin, 29 Mei 2023, ratusan mahasiswa IPPEMSI menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Tana Toraja.

Aksi unjuk rasa yang digelar puluhan ratusan mahasiswa IPPEMSI Makassar di Kantor Bupati Tana Toraja berlangsung ricuh. Massa aksi melemparkan lumpur yang diambil dari tanah di jalan Simbuang-Mappak ke kantor bupati. Aksi saling dorong dan saling kejar dengan aparat kepolisian serta Satpol PP pun tak terhindarkan.

Baca Juga  600-an Warga Dapat Layanan Kesehatan Gratis dari Timkes Yubileum 85 Tahun BPKT

Karena tidak menemui Bupati di kantor, para mahasiswa dari Simbuang-Mappak melanjutkan aksi unjuk rasa di depan rumah jabatan Bupati Tana Toraja, yang berlangsung hingga malam hari. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar