Jumat Besok, KPU Tana Toraja Gelar Pemungutan Suara Ulang di Bonggakaradeng

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) pada empat TPS di Kecamatan Bonggakaradeng. PSU ini akan digelar pada Jumat, 23 Februari 2024.

Keempat TPS itu berada berada di wilayah Lembang Mappa’.

Keempat TPS yang akan menggelar PSU itu, diantarnya TPS 001 Sandangan, TPS 002 Gattungan, TPS 003 Kesok, dan TPS 004 Pa’bakka.

Ketua KPU Kabupaten Tana Toraja, Berthy Paluangan menjelaskan, untuk TPS 001 Sandangan, PSU dilakukan untu tiga jenis pemilihan, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden; DPR RI Dapil Sulsel 3, dan DPD RI.

Kemudian, di TPS 002 Gattungan, PSU untuk tiga jenis pemilihan, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI Dapil Sulsel 3, dan DPD RI.

Baca Juga  DPRD Toraja Utara Minta Semua Tambang Golongan C yang Merusak Lingkungan, Ditutup

“Sedangkan di TPS 003 Kesok, PSU dilaksanakan untuk empat jenis pemilihan, yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI Dapil Sulsel 3, DPD RI, dan DPRD Provinsi Sulsel Dapil 10,” terang Berthy, Kamis, 22 Februari 2024.

TPS terakhir yang akan menggelar PSU adalah TPS 004 Pa’bakka, yang akan melaksanakan tiga jenis pemilihan, yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI Dapil Sulsel 3, dan DPD RI.

Berthy menyebutkan bahwa PSU ini dilaksanakan atas rekomendasi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Bonggakaradeng.

Polisi Siaga

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo, didampingi Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) KOMPOL Andarias, menyiagakan personil dan memberikan arahan sebelum melaksanakan pengamanan PSU di 4 TPS  yang rencananya akan dilaksanakan pada Jumat, 23 Februari 2024

Baca Juga  19 Anak Terindikasi Stunting di Lembang Palipu' Terima Makanan Tambahan dan Vitamin

Arahan Kapolres kepada personil yang akan melaksankan pengamanan yaitu laksanakan pengamanan dengan maksimal, jaga netralitas, kedepankan sisi humanis dan pastikan proses jalannya pemungutan suara ulang dapat berjalan aman dan tertib.

“Hari ini personil yang akan melaksanakan pengamanan pemungutan suara ulang telah kami siapkan. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa ada empat TPS yang akan melaksanakan pemungutan suara ulang berdasarkan surat dari Panwaslu Kecamatan tentang adanya temuan dugaan pelanggaran admistrasi Pemilu dan merekomendasikan kepada PPK Kecamatan Bonggakaradeng untuk diadakan PSU yaitu pada TPS 01,002,003 dan 004 wilayah Lembang Mappa’ Kecamatan Bonggakaradeng,” ungkap AKBP Malacoppo. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar