Jika Prabowo Presiden, Ketum PMTI Janji Perjuangkan Orang Toraja Jadi Menteri

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Ketua Umum (Ketum) Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa menyatakan dirinya akan memperjuangkan orang Toraja menjadi menteri kabinet jika Prabowo Subianto terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2024 mendatang.

“Kita ini, selama Indonesia merdeka, belum pernah ada menteri, pembantu Presiden dari Toraja. Coba kita lihat, dari tahun 1945 merdeka sampai hari ini, belum ada menteri dari Toraja. Kalau Pak Prabowo nanti Presiden, saya akan sarankan kepada beliau untuk mengangkat orang Toraja duduk menjadi menteri di kabinet beliau. Itu yang akan saya perjuangkan!” tegas Yulius kepada sejumlah wartawan di Café Kalua’ Barana’, Toraja Utara, Sabtu, 8 Juli 2023.

Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa adalah mantan anak buah Prabowo Subianto di Kopassus. Dia juga mantan Kepala BIN Daerah Kepulauan Riau. Yulius juga sangat dekat dengan Prabowo Subianto, bahkan diangkat sebagai anak. Pada pelantikan pengurus PMTI periode 2021-2026, Oktober 2021 yang lalu di Makale, Tana Toraja, Prabowo Subianto hadir sekaligus memberikan kuliah umum di UKI Toraja.

Baca Juga  Dua Lulusan Universitas Luar Negeri Asal Toraja akan Berbagai Pengalaman di Expo UKI Toraja, Quest Star Komika Raim Laode

“Kalau dilihat posisi pada saat ini ya, mungkin orang Toraja yang terdekat ke Prabowo Subianto adalah saya. Karena saya juga masih stafnya beliau di Kemenhan. Tentunya, harapan-harapan kita masyarakat Toraja akan saya sampaikan dan ingatkan,” kata Yulius lebih lanjut.

Yulius mengingatkan, saat dirinya bersama pengurus lainnya dilantik di Makale, Oktober 2021 yang lalu, ada harapan dari Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong terhadap Prabowo. Harapan pemerintah kedua kabupaten ini, kata Yulius, juga akan diperjuangkan kepada Prabowo.

“Ada juga pesan dan harapan Bupati-Bupati kita kepada Pak Prabowo saat pelantikan kami itu hari. Pasti saya akan mengingatkan kembali beliau. Soal bandara, soal infrastruktur, pariwisata, pendidikan, dan kesehatan. Pasti akan saya sampaikan ke beliau,” tegas Yulius.

Baca Juga  PLTA Malea Kucurkan CSR Senilai Rp 8 Miliar, Program Penghijauan Paling Minim Perhatian

Yulius mengatakan, semua impian ini bisa terwujud apabila masyarakat Toraja memberikan suara dan memilih Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 mendatang.

Selain jaminan kedekatan personal, menurut Yulius, melihat tantangan negara dan dunia ke depan, Indonesia membutuhkan tipikal pemimpin seperti Prabowo Subianto yang tegas dan berwawasan luas. Juga memiliki analisa global yang mumpuni.

“Situasi negara kita maupun dunia saat ini, dimana ada perang, persaingan ekonomi, dan perlombaan teknologi, dibutuhkan sosok pemimpin seperti Pak Prabowo,” katanya.

Yulius juga berjanji akan melakukan deklarasi relawan Prabowo di Toraja. Juga mengundang Prabowo Subianto untuk berkunjung serta bertemu dengan masyarakat di Toraja.

Baca Juga  24-26 Desember, Rambu Solo’ dan Rambu Tuka Tidak Diizinkan di Toraja Utara

“Saya akan mengundang beliau untuk nengoklah “kampung halamannya” di Toraja. Pulang kampung. Saya akan upayakan untuk menyarankan kepada beliau,” ujar Yulius.

Untuk diketahui, bakal calon Presiden RI dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sudah beberapa kali berkunjung ke Toraja. Saat kunjungan pertamanya pada Desember 2011, Prabowo Subianto mendapat gelar adat “Taruk Langi’” yang berarti tunas emas manusia dari langit. Gelar itu disematkan kepada Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu oleh pemangku adat Siguntu, Toraja Utara. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar