oleh

SMKN 1 Tana Toraja dan PT. Panasonic Bangun Kerjasama Program Magang ke Jepang

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — SMKN 1 Tana Toraja dan PT. Panasonic Manufacturing Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerjasama dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia SMKN 1 Tana Toraja.

Penandatanganan MoU antara pihak SMKN 1 Tana Toraja yang diwakili oleh Kepala SMKN 1 Tana Toraja Sofyan Linggi dan PT Panasonic Manufacturing Indonesia yang diwakili oleh Kundrat Andriansyah selaku General Manager GA & HR PT Panasonic Manufacturing Indonesia yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Tana Toraja, Selasa, 16 Februari 2021.

Nota perjanjian kerjasama tersebut meliputi:

  1. Peningkatan keterampilan peserta didik (Siswa) dalam bidang IPTEK melalui program Praktek Kerja Industri (Prakerin)
  2. Pelaksanaan rekrutmen melalui Program Latih Kerja Industri (Bridging dan Program Pemagangan ke Jepang) bagi Alumni SMKN 1 Tana Toraja dan SMK Mitra melalui bursa kerja khusus
  3. Magang Guru di Industri dan Guru tamu serta pelatihan – pelatihan yang relevan (Ekstrakulikuler Panasonic)
  4. Kerjasama lain-lain yang menguntungkan kedua belah pihak. Kerjasama antara SMKN 1 Tana Toraja dan PT Panasonic ini akan berjalan selama 4 tahun kedepan dan akan diperpanjang tergantung kesepakatan kedepan antara kedua belah pihak.
Baca Juga  LSP SMK Negeri 1 Tana Toraja Gelar Diklat Asesor Kompetensi Angkatan II

Agenda Penandatanganan MoU antara SMKN 1 Tana Toraja dan PT Panasonic dirangkaikan dengan Seminar Pengetahuan tentang Produk Air Conditioner (AC). Acara dihadiri dan dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah X Provinsi Sulawesi Selatan Baharuddin Iskandar, S.Pd.,M.Pd dengan harapan agar kegiatan ini menjadi insiprasi dan diimbaskan ke Kabupaten lain selain Tana Toraja dan Toraja Utara.

Kegiatan dihadiri oleh Guru Kejuruan Teknik Instalasi Listrik dan Teknik Audio Video dari 7 sekolah di 2 kabupaten ( Tana Toraja dan Toraja Utara) dan peserta siswa 100 orang selama 2 hari dengan pembagian 2 gelombang (50 siswa perhari) hal ini sesuai dengan standar penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Pembukaan diisi dengan sambutan dari Engineering Manager P.T.Panasonic Gobel Indonesia, Operasional Manajer PT Gobel Dharma Nusantara, Manajer Biro Quality Control Bisnis Unit AC PT Panasonic Manufacturing Indonesia via Zoom yang menjelaskan tentang peluang-peluang kepada siswa untuk memperoleh kesempatan magang dengan berbagai fasilitas yang kemudian memungkinkan siswa untuk menjadi siswa siap kerja dan diserap di dunia industri.

Baca Juga  LSP SMK Negeri 1 Tana Toraja Gelar Diklat Asesor Kompetensi Angkatan II

Setelah penandatanganan MOU, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan alat praktek ke SMKN 1 Tana Toraja. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya